Ketiga Merek Baru Asal China akan Debut di GIIAS 2023, Apa Misinya?
Interior ORA Funky Cat. (Dok. Gwmora)

Bagikan:

JAKARTA - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 akan dimulai dalam hitungan bulan. Tahun ini menjadi gelaran ke-30 kalinya.

Gaikindo juga turut mengumumkan 30 merek roda empat akan menghadiri event otomotif tahunan tersebut.

Namun, di antara beberapa merek yang akan hadir, publik tanah air akan menyambut tiga merek baru dari China. Beberapa merek tersebut ialah Ora, Haval, dan Neta.

Ora dan Haval merupakan sub-brand dari perusahaan otomotif asal China, Great Wall Motors. Sedangkan, Neta merupakan sub-merek di bawah payung Hozon Auto. Namun, apa yang mereka incar dari gelaran GIIAS 2023 ini?

Menurut Rizwan Alamsjah, selaku Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, mengatakan untuk saat ini ketiga pabrikan belum diketahui apakah mereka hadir untuk bermaksud jualan atau tidak. Mengingat, merek-merek ini tergolong baru di tanah air serta belum adanya distributor yang menampung kendaraan mereka.

"Ya benar ada beberapa brand dari Great Wall Motors, yaitu Ora, Havel. Sama ada juga Neta (Hozon Auto). Ini adalah debut mereka di GIIAS, jadi kami tidak tahu niat mereka jualan atau tidak," ungkap Rizwan saat sesi tanya jawab dengan wartawan setelah acara konferensi pers di Menteng, Jakarta pada Rabu, 24 Mei.

Meskipun demikian, ada kemungkinan bahwa ketiga merek ini hanya akan memperkenalkan produk mereka kepada publik Indonesia, sebelum akhirnya akan dijual. Terlebih lagi, pasar Indonesia cukup potensial.

"Saya rasa mereka di GIIAS ini menjadi ajang showcase atau perkenalan ke pasar Indonesia. Karena mereka mungkin lihat bahwa pasar Indonesia ini potensial," tambah Rizwan.

Pernyataan Rizwan tersebut disetujui oleh Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi. Ia berujar bahwa ini kabar yang menggembirakan. Karena beberapa merek ini belum menjual mobilnya sama sekali, namun rela menginvestasikannya dengan memperkenalkan produknya di Indonesia.

"Mereka juga mungkin melihat bahwa pabrikan ini rela investasi uang ke GIIAS demi memperkenalkan produk mereka. Dan mereka melihat GIIAS merupakan pameran yang cukup dipandang di Indo," ucap Nangoi.

Adapun Ora, mereka telah memperkenalkan produknya di luar China, seperti Inggris dengan Ora Funky Cat dan Ora Lightning Cat.

Lalu ada Havel yang merupakan brand spesialis pembuat kendaraan mewah SUV di pasar China. Produk unggulan yang saat ini mereka pasarkan ialah H6, F7, Shenshou, dan Xiaolong Max.

Sedangkan, Neta memiliki beberapa produk mobil kompak yang cocok untuk kebutuhan masyarakat Indonesia, seperti Neta V, Neta N01, dan Neta U.