Bagikan:

JAKARTA - Pada awal tahun ini, Suzuki Jimny lima pintu tampil di ajang Auto Expo 2023 di Delhi, India melalui anak perusahaan pembuat mobil Jepang di India, Maruti Suzuki. Sejak saat itu, Suzuki mengklaim telah mengamankan lebih dari 30.000 pemesanan Jimny. Dan pada 7 Juni nanti resmi diluncurkan ke pasaran India.

Jimny 5 pintu dibangun berdasarkan kegunaannya di medan off-road ekstrem mulai sasis ladder frame, sudut bodi yang luas, suspensi rigid 3-link serta penggerak ALLGRIP Pro (4WD) dengan transfer gear low range (mode 4L).

Dilansir dari Carscoops, Selasa, 23 Mei, dua versi Jimny yang tersedia di India hadir dengan mesin empat silinder 1.5 liter yang menghasilkan tenaga 103 dk dan torsi 134 Nm. Peminatnya juga dapat memilih untuk memasangkan mesin ini ke transmisi manual lima kecepatan atau otomatis empat kecepatan dengan konverter torsi.

Secara desain, mobil ini memiliki dimensi yang lebih panjang dibanding Jimny model 3 pintu. Namun juga tampak tidak jauh berbeda dari fasia depan, bumper depan dan belakang, kap mesin, kaca depan serta ekstensi lengkungan roda juga tampak identik dengan model tiga pintu. Perbedaannya terlihat pada bodywork buritan pintu belakang.

Daftar lengkap fitur standar dari kedua model belum dirilis, namun pada beberapa ulasan Jimny ini menyertakan lampu LED otomatis, layar infotainmen 9 inci dengan sistem Suzuki SmartPlay Pro+, cruise control, dan sound system dari Arkamys. 

Sementara, dari sisi keamanan mobilnya dilengkapi enam airbag, ESP dengan hill-hold assist, hill-descent control, kamera belakang, dan ABS.

2
Suzuki Jimny lima pintu yang dilengkapi enam airbag. (Dok. Suzuki)

Perlu diketahui, merek Jimny begitu populer di India setelah Maruti Gypsy diperkenalkan di pasar India pada tahun 1985. Selain harga yang murah dan kuat di medan yang sulit, mobilnya juga dipakai para penegak hukum di India.