Harga Jimny 5 Door Digoreng Oknum Sales di IIMS 2024 dan Viral di Medsos, Suzuki Buka Suara
Suzuki Jimny lima pintu. (Foto: Afrizal/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Suzuki Jimny 5 pintu secara resmi diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 dan langsung menjadi sorotan utama pengunjung dalam pameran tahunan ini.

Pada saat peluncuran, Suzuki juga mengumumkan harga untuk Jimny 5 pintu, dengan harga termurah diangka Rp462 juta On-The-Road (OTR) Jabodetabek. Namun, sayangnya, terdapat beberapa oknum sales yang menaikkan harga mobil tersebut di ajang pameran dan berujung viral di media sosial.

Menyikapi masalah ini, Harold Donnel, 4W Director Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), memberikan klarifikasi mengenai masalah ini. Ia menyatakan bahwa harga yang diumumkan saat peluncuran adalah angka yang direkomendasikan.

"Kami dari Suzuki Indonesia pertama-tama ingin meminta maaf jika ada kebingungan beberapa hari terakhir mengenai perbedaan persepsi harga dari Jimny 5 pintu yang baru saja kami luncurkan," kata Harold saat diwawancarai VOI di JIExpo Kemayoran, Senin, 19 Februari 2024.

Dalam penjelasannya, ia mengatakan bahwa dalam industri otomotif, terdapat regulasi yang mengatur praktik monopoli usaha, seperti yang diatur dalam UU No. 5 tahun 99. Oleh karena itu, Suzuki memberikan rekomendasi harga untuk Jimny 5 pintu.

"Kami merekomendasikan harga ritel untuk wilayah OTR Jabodetabek berkisar antara Rp462.000.000 hingga Rp478.600.000," tambahnya.

Namun, ia menekankan bahwa ada batas harga yang harus dipatuhi oleh tenaga penjualan dan masyarakat. Jika ada oknum sales yang menaikkan harga secara berlebihan, hal tersebut dapat dilaporkan melalui layanan Hallo Suzuki.

"Jika terdapat praktik-praktik yang menyimpang dari harga ritel yang kami rekomendasikan, mohon untuk segera melaporkannya kepada kami melalui Hallo Suzuki agar dapat kami tindaklanjuti," pungkasnya.