Bagikan:

JAKARTA - Ioniq 6 merupakan produk elektrifikasi yang diperkenalkan Hyundai secara global akhir 2022 silam dan kemudian masuk pasar Indonesia pada Agustus 2023 lalu. 

Sejak debutnya, mobil ini telah meraih berbagai penghargaan di tahun 2023, termasuk sebagai “World Car of the Year”, “World Electric Vehicle”, dan “World Car Design of the Year”.

6

Mobil ini menawarkan teknologi canggih dan beragam fitur yang menjadi faktor utama di balik prestasinya tersebut. Selain itu, sedan bertenaga listrik ini menawarkan jarak tempuh yang mengesankan hingga 519 km pada varian All-Wheel Drive (AWD) di pasar Indonesia.

VOI berkesempatan merasakan sensasi berkendara Hyundai Ioniq 6 melalui test drive di area khusus yang diselenggarakan dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin, 19 Februari. Berikut adalah ulasan singkat mengenai mobil ini:

Interior Futuristik 

Hyundai Ioniq 6 menampilkan desain kabin yang mewah namun futuristik. Setir kemudinya, yang diadopsi dari model kakaknya, Ioniq 5, dilengkapi dengan beragam tombol dan fungsi personalisasi untuk kenyamanan pengemudi. Layar tengah menyatu dengan instrumen kluster pengemudi yang menampilkan informasi terkini mengenai baterai, kecepatan, jam, dan penyetelan kendaraan. Posisi mengemudi ergonomis, memberikan visibilitas yang baik, bahkan bagi pengemudi dengan postur di bawah 165 cm. Bahan-bahan halus menghiasi bagian kabin, menciptakan pengalaman berkendara yang nyaman bagi pengemudi dan penumpang.

Pengendalian yang Baik 

7

Selain menawarkan kenyamanan dan kecanggihan, Hyundai Ioniq 6 juga menonjol dalam pengendalian saat berbelok. Mobil ini memberikan sensasi berkendara yang presisi dan nyaman saat melewati tikungan, memungkinkan pengemudi untuk merasa terhubung dengan kendaraannya. Meskipun merupakan fastback sedan, Ioniq 6 memiliki suspensi yang empuk saat melewati rintangan jalan atau menanjak, hal yang mengejutkan mengingat ground clearance yang rendah.

Tenaga Instan dari Motor Listrik 

Hyundai Ioniq 6 AWD dilengkapi dengan motor listrik ganda All-Wheel Drive yang menghasilkan tenaga gabungan 320 dk dan torsi 605 Nm. Tenaga ini terasa instan saat pedal gas diinjak, menghadirkan karakteristik khas mobil listrik.

Kesimpulan 

Setelah kesuksesan dengan Ioniq 5, Hyundai kembali menarik perhatian dengan hadirnya Ioniq 6, bersaing di segmen sedan bertenaga listrik. Mobil ini cocok untuk digunakan di wilayah perkotaan, tetapi juga mampu memberikan performa yang luar biasa bagi pengemudi yang menginginkannya. 

Harga untuk memperolehnya adalah sebesar Rp1,22 miliar On The Road DKI Jakarta, dengan pilihan warna seperti Abyss Black Pearl, Biophic Blue Pearl, Curated Silver Metallic, Digital Green Pearl, Gravity Gold Matte, Nocturne Grat matte, Serenity White Pearl, dan Ultimate Red Metallic.