Bagikan:

JAKARTA - Sub-merek yang dimiliki oleh Great Wall Motors (GWM), Haval, mengirimkan SUV terbarunya, H5, ke diler lokal pada periode ini. Mobil ini diperkirakan akan diluncurkan secara resmi pada Agustus mendatang.

Dengan tampilan besar serta tangguh, Haval H5 dibangun di atas platform pikap milik GWM. Mobil ini memiliki desain yang kaku serta dimensi lega.

Dilansir dari laman Carnewschina, Minggu, 23 Juli, SUV dua baris ini memiliki dimensi panjang 5.190 mm, lebar 1.905 mm, tinggi 1.835 mm, serta wheelbase 3.140 mm dengan ketinggian dengan tanah mencapai 600 mm.

Dari depan, mobil tersebut tampak dengan desain grill yang lebar dengan penempatan lampu setengah kotak di kedua sisinya. Sehingga membuat mobil ini terlihat seperti Ford Ranger Raptor versi SUV. Emblem "Haval" di tengah grill meninggalkan kesan bahwa mobil perkasa tersebut merupakan buatan dari merek China.

Memiliki jarak sumbu roda yang panjang, mobil ini mengadopsikan pelek multi-spoke. H5 juga dilengkapi rak atap yang dapat mengangkut barang untuk bepergian jauh atau saat melakukan off-road.

Bagian kabin juga sangat luas dengan dekorasi krom pada trim. Baik kluster instrumen atau layar tengah memiliki ukuran 1,3 inci. Di bawah layar tengah, terdapat kontrol manual yang dapat mengatur AC.

Memiliki kapasitas lima tempat duduk, GWM menyematkan bahan kulit berwarna coklat pada kursi. Karena memiliki dimensi yang panjang, Haval H5 memiliki ruang hingga 2.116 liter bila kursi baris kedua dilipat.

H5 disediakan dengan dua jantung pacu, yakni mesin bensin GW4C20B 2.0T dengan berkekuatan 194 dk atau 221 dk dan mesin diesel GW4D20M 2.0T berdaya hingga 163 dk.

Pesaing dari Wuling Almaz ini akan tersedia dalam empat pilihan warna eksterior, yakni putih, hitam, abu-abu, dan ungu.

Mobil ini diperkirakan debut pada Agustus mendatang, bulan yang sama dengan debut Haval di otomotif Indonesia dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto show (GIIAS) 2023. Walaupun belum dipastikan akan membawa H5 ke Indonesia, bisa dipastikan Haval akan memamerkan jajaran SUV di pergelaran akbar tersebut.

Haval merupakan satu dari sekian merek yang akan menandai debutnya di perindustrian otomotif Indonesia dalam ajang GIIAS 2023. Haval akan menemani dua merek lainnya milik GWM, yakni Tank dan Ora. Selain itu, produsen asal China lainnya, Neta, juga akan debut di pasar Tanah Air pada Agustus ini.