Berbeda dari Sejumlah Pabrikan China di Indonesia, Inilah Alasan GWM Pasarkan Kendaraan Hybrid Terlebih Dahulu
GWM Haval H6 HEV dalam acara BCA Expoversary 2024. (Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Great Wall Motor (GWM) secara resmi menandakan komitmennya untuk menjual mobil ramah lingkungan di tanah air dengan menghadirkan Tank 500 HEV dan Haval H6 HEV pada gelaran BCA Expoversary 2024.

Kedua model ini telah diperkenalkan sebelumnya dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada bulan Agustus lalu bersamaan dengan mobil listrik Ora 03.

Dengan demikian, pabrikan dari China ini menjual dua model perdananya dengan mengusung teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV), berbeda dengan perusahaan dari negeri tirai bambu lainnya yang menjual lebih dulu EV di Indonesia, seperti BYD dan Neta.

Hari Arifianto, selaku Marketing Director PT GWM Motor Indonesia, mengatakan bahwa produk HEV sangat diminati oleh banyak masyarakat karena segmen ini menawarkan kemudahan dengan menawarkan efisiensi bahan bakar tergantung pada penggunaannya.

“Pertama mobil ICE kemudahan untuk memperoleh sumber energi. Kemudian mereka bisa merasakan keuntungan dari sisi kendaraan listrik, karena misal dibawa 35 km/jam irit pakai baterai. Kemudian karena sistemnya cukup cerdas ketika dia mencapai kecepatan tertentu, itu terganti menjadi mesin bensin,” kata Hari saat diwawancarai dengan media di Tangerang, Sabtu, 2 Maret.

Ia menambahkan, saat ini masih timbul kekhawatiran dari masyarakat perihal EV murni karena kurangnya fasilitas pengisian daya, sehingga kurang efektif dalam ekosistem kendaraan listrik.

“Dua teknologi ini, mesin ICE dan listrik, mampu mengurangi rasa khawatir bagi pelanggan yang menginginkan kendaraan ramah lingkungan tapi charging belum tersedia di wilayah daerah. Kalau produk kami dengan bensin oktan 92, dapat memberikan rasa aman kepada pelanggan dan hybrid adalah jawabannya,” tambah Hari.

Model Tank 500 akan mengisi ceruk SUV ladder frame 4x4 dengan opsi mesin hybrid yang belum dipegang oleh pabrikan lain, sedangkan untuk Haval juga akan masuk ke dalam segmen sport utility vehicle (SUV).

Untuk Tank 500, model ini dibanderol dengan harga Rp1,196 miliar dan Haval H6 HEV Rp595,8 juta On The Road Jakarta. Harga ini hanya berlaku pada gelaran BCA Expoversary 2024 dari 29 Februari hingga 3 Maret.