Bagikan:

JAKARTA - Aston Martin DBX707 adalah SUV yang memukau, atau bisa dibilang supercar dalam tubuh SUV karena performanya yang impresif.

Aston Martin baru saja mengumumkan ubahan drastis pada interior SUV yang mulai dijual di Eropa setara Rp4,5 miliar ini termasuk integrasi sistem infotaimen, dan akhirnya SUV ini tampil sama cantik di bagian dalam maupun luar.

Sebelumnya, dilansir dari The Drive, 22 April, interior DBX707 memang terlihat bagus dan menggunakan material premium. Namun, secara keseluruhan kurang sesuai dengan prestise brand tersebut. Misalkan, lingkar kemudi terlihat generik, panel instrumen terasa kurang mewah, dan kontrol radio serta AC di konsol tengah menggunakan tombol piano black. Kini, interior DBX707 tampil layaknya DB12 yang memukau.

8

Aston Martin telah mendesain ulang lingkar kemudi menjadi lebih tebal dan sporty, sesuai ciri khas pabrikan. Layar panel instrumen kini lebih besar, tajam, dan menampilkan grafis beresolusi tinggi. Konsol tengah pun kini dilengkapi kenop putar, tombol, dan sakelar fisik yang lebih banyak.

9

Aston Martin juga mengganti sistem infotainment lama yang bersumber dari Mercedes dengan buatan mereka sendiri, seperti yang telah sukses diterapkan pada DB12 Volante. Ukuran layar sentuh memang sedikit lebih besar, yaitu 10.25 inci, namun sistem dibaliknya lah yang menjadi pembeda utama. Sementara itu, layar panel instrumen digital kini membesar 1.5 inci menjadi 12.3 inci. Konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto kini nirkabel, sebelumnya hanya tersedia secara kabel saat pertama kali diluncurkan di DB12.

Meski bagian eksterior nyaris tak tersentuh - karena memang sudah nyaris sempurna - Aston tetap memberikan beberapa pembaruan. Contohnya, gagang pintu kini bisa keluar secara elektrik saat mobil dibuka dan spion samping mengadopsi desain flush-glass yang modern. Menariknya, pergerakan spion ini pun berbeda. Pada kebanyakan mobil, hanya kaca spion yang bergerak di dalam housing saat diatur pengemudi. Namun pada DBX707 baru, seluruh housing spion ikut bergerak. Menurut Aston, tujuannya adalah untuk memberikan area pantulan yang lebih luas dan mengakomodasi kamera untuk fitur parkir surround-view dengan lebih baik. Pilihan warna eksterior pun bertambah, kebanyakan berwarna hijau: Helios Yellow, Epsilon Black, Malachite Green, Aura Green, Sprint Green, dan khusus untuk DBX707 AMR23 Edition, tersedia Podium Green.

Untuk urusan performa, resep Aston Martin DBX707 tidak berubah. Mesin V8 4.0 liter twin-turbo bertenaga 697 hp (707 PS - asal muasal nama mobil ini) dan torsi 900 Nm masih setia bersemayam. Transmisi otomatis 9-percepatan wet-clutch tetap menjadi andalan, begitu pula dengan sistem penggerak all-wheel drive. Akselerasi 0-100 km/jam masih sanggup ditelan dalam waktu 3.1 detik saja dan kecepatan tertinggi tetap 310 km/jam.