Bagikan:

JAKARTA - Kabar kurang menyenangkan datang dari pabrikan otomotif asal Prancis, Renault. Mereka mengumumkan akan menghentikan penjualan dari model Zoe di pasar Inggris setelah dihadirkan selama 11 tahun.

Disebutkan bahwa mobil listrik berukuran kecil tersebut akan berakhir diproduksi pada Maret 2024 mendatang. Versi final Zoe akan dirakit di Prancis dan keluar pada 30 Maret tahun depan.

Dilansir dari Autocar, Selasa, 12 Desember, seorang juru bicara Renault mengatakan bahwa dihentikannya produksi Zoe bertujuan untuk memberi jalan bagi hatchback listrik terbaru, Renault 5, yang akan ditampilkan versi produksinya pada Februari mendatang.

Menunjukkan eksistensinya selama bertahun-tahun, city car ramah lingkungan ini telah terjual lebih dari 380.000 unit di Eropa dengan 30.000 kendaraan di antaranya terjual di negeri Raja Charles. Mobil ini merupakan EV terlaris di Eropa selama dua tahun dan sempat memuncaki pasar pada 2015 dan 2016 lalu.

Renault Zoe sempat menjadi buah bibir di berbagai surat kabar karena menjadi mobil ketiga yang mendapatkan predikat keselamatan nol bintang dari Euro New Car Assessment Program (Euro NCAP) pada tahun 2021, yang sebelumnya Zoe meraih bintang lima pada 2013.

Bruno Vanel, Kepala Renault Product Performance, mengatakan bahwa memperbarui model Zoe akan menghabiskan biaya yang mahal agar sesuai dengan standar keselamatan Uni Eropa. Kemungkinan ini menjadi salah satu alasan pabrikan untuk tidak meneruskan model tersebut.

Meskipun demikian, Zoe memiliki spesifikasi yang tidak mengecewakan. Dibekali dengan baterai 52 kWh, mobil ini mampu melaju dengan jangkauan mencapai 383 km dalam sekali pengisian daya.