Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen (VW) menghentikan produksi dari hatchback kompak Polo di pabrik Pamplona, Spanyol. Ini juga mengakhiri produksinya di Eropa setelah berjalan selama 40 tahun.

Meskipun demikian, model tersebut tetap akan dijual di benua biru tetapi kini dipindahkan ke fasilitas rakitan yang terletak di Kariega, Afrika Selatan.

Tujuan jenama otomotif dari Jerman ini menghentikan merakit Polo di pabrik negeri matador tersebut demi membangun mobil berukuran kecil listrik dengan harga yang terjangkau.

Melansir dari Automotive News Europe, Selasa, 24 September, pabrik di Spanyol akan mulai merakit dua SUV kecil bertenaga listrik berbasis baterai pada 2026 mendatang dengan satu model berasal dari merek VW dan satu lainnya dari Skoda.

Kemungkinan keduanya akan didukung oleh versi penggerak roda depan dengan platform MEB terbaru khusus EV yang dikembangkan oleh Volkswagen Group.

Dari sisi brand Skoda, mobil terjangkaunya akan dinamakan Epiq yang akan dipatok mulai dari 25.000 euro atau setara Rp421,3 juta. Sementara itu, merek VW sendiri telah membocorkan mobil listrik terjangkau masa depannya bernama ID.2all berukuran kompak.

Meskipun Polo sudah tidak diproduksi di pabrik Spanyol, VW memastikan bahwa model seperti T-Cross dan Taigo bertenaga bensin akan terus dibuat di fasilitas tersebut bersama kendaraan listrik lainnya.

Selama 40 tahun, VW telah memproduksi sebanyak 8,4 juta Polo di pabrik Pamplona. Unit terakhir yang meninggalkan jalur produksi pada bulan Juli adalah varian Life berwarna biru dengan mesin TSi 1,0 liter bertransmisi manual lima percepatan bertenaga 95 dk.

Penjualan Polo dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan karena pembeli mulai beralih ke SUV berukuran kecil seperti T-Roc dan T-Cross.

Pabrikan menjual model tersebut sebanyak 90.107 unit dalam delapan bulan pertama tahun ini, yang menjadikannya mobil kecil terlaris kedelapan di Eropa.

Sementara ittu, Dacia Sandero berada di tahta teratas sebagai mobil kecil terlaris di regional ini dengan penjualan selama delapan bulan berjumlah 183.183 unit. Model VW T-Roc menempati posisi ketiga dengan 143.939 unit atau berada di belakang Golf di posisi kedua.