JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) tuai hasil penjualan positif pada ajang GIIAS 2024, dengan total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 6.202 unit.
Berdasarkan data yang diterima VOI, penjualan Toyota didominasi oleh Kijang Innova sebagai mobil favorit keluarga Indonesia dengan SPK 1.968 unit atau 31 persen yang diikuti oleh duo Avanza Veloz 1.395 unit atau 22 persen.
Sementara itu, All New Kijang Innova Zenix HEV dengan komposisi penjualan 75 persen dibanding versi gasoline kembali menjadi lokomotif penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV) dengan SPK 1.305 unit. Secara total, raihan SPK xEV Toyota sebanyak 1.724 unit meningkat 37 persen dari total SPK xEV tahun lalu.
"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pengunjung GIIAS 2024 yang masih menjadikan produk-produk Toyota sebagai pilihan utama mobilitas, termasuk berbagai model elektrifikasi. Semoga catatan penjualan yang positif ini dapat memperkuat penjualan Toyota dan berkontribusi besar pada peningkatan pasar otomotif nasional Indonesia di Semester 2 2024," kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, dalam keterangan resminya yang diterima, Kamis, 1 Agustus.
Seperti disebutkan di atas, Kijang Innova mendominasi SPK sebanyak 1.968 unit (31 persen) dari total SPK Toyota 6.202 unit, di mana porsi terbesar ada pada All New Kijang Innova Zenix HEV. All New Avanza–Veloz mengikuti di tempat kedua dengan SPK 1.395 unit atau 22% dari total SPK Toyota.
"Rasanya saat ini teknologi Hybrid masih menjadi opsi solusi mobilitas yang sangat relevan dan cocok digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Karena itu, HEV Toyota dapat mendominasi penjualan di GIIAS 2024 mengingat pelanggan bisa berperan dalam mengurangi emisi tanpa perlu repot merubah kebiasaan mobilitasnya," ungkap Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy.
BACA JUGA:
Lebih lanjut ia mengatakan, Toyota berharap pasar kendaraan elektrifikasi Toyota termasuk Hybrid EV akan terus tumbuh untuk menyediakan lebih banyak cara mewujudkan netralitas karbon.
Sementara itu, kendaraan elektrifikasi termasuk Hybrid EV mencatat total SPK 1.724 unit atau 27 persen dari total perolehan SPK Toyota. Komposisi ini meningkat 5 persen dari event tahun lalu.
All New Kijang Innova Zenix HEV kembali mencatatkan SPK terbanyak 1.305 unit, diikuti oleh All New Yaris Cross HEV 240 unit. Komposisi SPK yang diperoleh keduanya adalah lebih dari 75 persen dari total sales All New Kijang Innova Zenix dan All New Yaris Cross selama 11 hari pameran.
Selain itu, All New Alphard HEV yang launching di GIIAS 2023, mengikuti dengan SPK sebanyak 121 unit bersama saudara kembarnya All New Vellfire HEV 25 unit, dan diikuti oleh New Corolla Cross HEV 23 unit.
Toyota juga mencatatkan ratusan pre booking untuk Hilux Rangga, dimana totalnya mencatatkan hasil yang menggembirakan hingga menyentuh angka lebih dari 450 pemesan.