Toyota Indonesia Catatkan Tren Positif Penjualan Kendaraan Elektrifikasi Tahun 2023, Model Ini Jadi Penopang
Ragam kendaraan elektrifikasi Toyota (Dok. TAM)

Bagikan:

JAKARTA - PT Toyota-Astra Motor (TAM) membuka tahun ini dengan kabar positif mencatatkan penjualan kendaraan elektrifikasi menyentuh angka 37.736 unit pada tahun 2023.

Dalam data yang diterima, Kijang Innova Zenix HEV (Hybrid Electric Vehicle) berhasil menjadi lokomotif penjualan xEV Toyota dengan total wholesales 27.705 unit di tahun 2023, diikuti Yaris Cross HEV (5.476 unit) dan Corolla Cross HEV (1.217 unit). Sebuah catatan sejarah penting, penjualan xEV Toyota yang meningkat tajam lebih dari delapan kali lipat dari tahun 2022.

"Launching All New Kijang Innova Zenix serta Yaris Cross mendapatkan animo positif masyarakat, khususnya model HEV yang langsung memimpin penjualan kendaraan elektrifikasi kami," kata Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, dalam keterangannya, Jumat, 2 Februari. 

Lebih lanjut Henry Tanoto berharap, dengan kian lengkapnya pilihan model baru Toyota khususnya xEV tahun ini, dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan penjualan kendaraan roda empat serta menghadirkan ever better cars yang sesuai kebutuhan pelanggan. 

Pada saat yang sama, Toyota bZ4X, kendaraan listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) Toyota pertama yang dipasarkan di Indonesia, mencatatkan angka penjualan 479 unit selama tahun 2023.

Jika ditotal secara keseluruhan, angka penjualan kendaraan Toyota, termasuk Lexus, meningkat dari 332.443 unit pada tahun 2022 menjadi 339.292 unit pada 2023. Pangsa pasar kendaraan PT TAM juga meningkat dari 31,7 persen pada 2022 menjadi 33,7 persen pada 2023.

“Sejalan inisiatif IT’S TIME FOR EVERYONE untuk capai netralitas karbon, TAM menghadirkan pilihan lengkap kendaraan elektrifikasi (xEV) mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang berhasil menarik minat pelanggan atas kendaraan ramah lingkungan," tutup Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.