Bagikan:

JAKARTA - Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kembali menggelar penghargaan Cars and Motorcycles of the Year 2023, yang saat ini telah memasuki babak final.

Setelah tiga tahun tidak diselenggarakan, kegiatan tahun ini memiliki beragam kategori yang mengikuti tren industri otomotif, seperti Hybrid Electric Vehicle, Plug-in Hybrid Electric Vehicle, dan BEV.

Untuk kategori motor, terdapat dua subkategori, yaitu mesin bensin dan motor berteknologi elektrik. Sebanyak 59 model telah diluncurkan sepanjang Januari 2022 hingga Oktober 2023, termasuk 15 model sepeda motor listrik.

"Kehadiran kategori-kategori baru ini mencerminkan tren kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Melalui penghargaan ini, kami ingin menghargai produsen yang telah menghadirkan teknologi elektrifikasi, diharapkan dapat membantu mencapai target pemangkasan emisi dan mendorong pertumbuhan industri otomotif dalam negeri," ujar Ketua Umum FORWOT, Indra Prabowo, dalam keterangan resminya.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, anggota FORWOT mengumpulkan mobil dan sepeda motor yang diluncurkan antara Januari 2022 hingga Oktober 2023.

Selama periode tersebut, sebanyak 88 model kendaraan telah dijaring untuk dinilai sebagai Forwot Cars of The Year 2023 (FCY 2023). Dari jumlah tersebut, terdiri dari 55 model mobil Internal Combustion Engine (ICE), 16 mobil Hybrid Electric Vehicle (HEV), dan 17 model Battery Electric Vehicle (BEV). Untuk kategori Forwot Motorcycles of The Year 2023 (FMY 2023), tim juri mengumpulkan 59 model yang diluncurkan dalam periode yang sama, termasuk 15 model sepeda motor listrik.

"Beberapa tahun terakhir, kami melihat tren elektrifikasi dengan banyaknya peluncuran mobil kendaraan listrik. Respon pasar terhadap kehadiran kendaraan ramah lingkungan ini sangat positif, terbukti dengan peningkatan penjualan dalam beberapa tahun terakhir. Di sisi lain, kami juga melihat pertumbuhan tren SUV dalam berbagai ukuran, mulai dari small, compact, medium, hingga large," ungkap Ketua Bidang Roda-Empat FORWOT dan Ketua Dewan Juri FCY 2023, Mufrod.

7

Pemerintah mendorong penggunaan kendaraan elektrifikasi sebagai salah satu langkah untuk mencapai target netralitas karbon pada tahun 2060. Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden No. 79/2023 terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mobil listrik untuk mendorong perkembangan industri kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

"Biaya operasional yang relatif rendah menjadi salah satu alasan masyarakat mulai beralih menggunakan sepeda motor listrik. Permintaan terus meningkat, terlihat dari banyaknya merek dan model yang tersedia di pasar," kata Ketua Bidang Roda-Dua FORWOT dan Ketua Dewan Juri FMY 2023, Ainto Harry Budiawan.

Berikut adalah finalis Cars & Motorcycles of The Year 2023:

  • ICE Roda-Empat (berdasarkan alfabet)

    Chery Omoda 5 Honda HR-V Hyundai Stargazer X Mitsubishi Xforce Wuling Alvez

  • HEV Roda-Empat

    Honda CR-V Hybrid Suzuki Grand Vitara Hybrid Suzuki XL7 Hybrid Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Wuling Almaz Hybrid

  • BEV Roda-Empat

    Hyundai IONIQ 6 Kia EV6 GT-Line Neta V Toyota bZ4X Wuling Air ev

  • ICE Roda-Dua

    Aprilia SR-GT 200 Honda ADV160 Suzuki V-Strom 250 SX Vespa GTV 300 Yamaha X-Max Connected

  • Sepeda Motor Listrik

    Alva Cervo Gesits Raya G Polytron Fox R Vespa Elettrica Yadea E8S Pro