Bagikan:

JAKARTA - Toyota melaporkan penjualannya pada bulan Juni di AS sebanyak 193.120 kendaraan atau menurun 1,2 persen dari hasil tahun lalu dalam periode yang sama. Meskipun alami sedikit penurunan, penjualan kendaraan listriknya mengalami kenaikkan hingga 64,5 persen atau berjumlah 84.781 unit serta mewakili 43,9 persen dari keseluruhan bulanan.

Melansir dari laman resmi Toyota USA, Kamis, 4 Juli, periode kuartal kedua juga alami peningkatan hingga 9,2 persen atau berjumlah 621.549 unit dengan 247.347 unit (naik 63,1 persen) di antaranya merupakan produk elektrifikasi.

Sementara itu pada paruh pertama tahun ini, pabrikan dari Jepang tersebut mengumpulkan penjualan hingga 1.186.647 unit atau naik 14,3 persen dibandingkan perolehan tahun lalu. Segmen elektrifikasi berkontribusi dengan jumlah 454.197 unit atau naik 67,9 persen.

Executive Vice President & Sales Toyota Motor North America Jack Hollis, mengatakan bahwa capaian tersebut melebihi ekspektasi pihaknya sekaligus membuktikan bahwa pabrikan menyediakan produk terbaik dalam segala segmen, tak terkecuali elektrifikasi.

“Paruh pertama tahun 2024 melampaui ekspektasi tinggi kami berkat tim kami yang terus fokus pada pelanggan dengan produk yang lebih hebat, termasuk kendaraan listrik,” kata Hollis.

3
bZ4X

Selama bulan Juni, mobil bermerek Toyota sumbang 164.777 unit kendaraan atau turun 2,3 persen dibandingkan sebelumnya. Namun, penjualan di kuartal kedua mencapai 532,809 unit (naik 9,2 persen) dan paruh pertama 1.019.436 kendaraan (naik 14,7 persen).

Lima model terlaris selama bulan lalu dan paruh pertama tahun ini dari merek Toyota ialah bZ4X, GR86, Camry HEV, Corolla HEV, dan Crown.

Sementara itu, merek mewah Lexus bukukan penjualan hingga 28.343 unit atau naik 5,9 persen. Pada kuartal kedua, brand tersebut catatkan 88.740 unit (meningkat 9,3 persen) dan 167.211 unit pada paruh pertama tahun ini (naik 10,5 persen).

Lima model terlaris yang dihasilkan oleh divisi ini selama bulan Juni dan paruh pertama 2024 yaitu ES HEV, NX HEV, NX PHEV, RX HEV, dan RX PHEV.

“Kami tetap menjadi merek ritel nomor satu di industri, dan beragam portofolio kami yang terdiri dari 29 pilihan kendaraan listrik antara merek Toyota dan Lexus mencakup hampir 40 persen dari total penjualan kami. volume penjualan hingga bulan Juni,” pungkas Hollis.