Toyota GR86 Bakal Hadir dengan Generasi Terbaru dengan Teknologi Hybrid dan Mesin Bertenaga
Subaru BRZ. (Dok. Subaru Global)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah berjalan tiga tahun, Toyota GR86 generasi kedua menunjukkan eksistensinya sebagai mobil bergaya sport yang disukai banyak kalangan. Meski demikian, dirumorkan bahwa model ini akan mendapatkan generasi ketiga dalam waktu dekat.

Menurut lansiran Carscoops, Senin, 12 Februari, saudara dari Subaru BRZ tersebut akan mengusung mesin terbaru, yakni 3-silinder turbocharged yang dipadukan dengan sistem hybrid.

Dengan demikian, diperkirakan Toyota GR86 akan menggunakan mesin dari GR Yaris dan GR Corolla, namun menghasilkan tenaga lebih dari 300 dk. Selain itu, model ini akan menggabungkan beberapa sistem hybrid yang mirip seperti Land Cruiser 250 dan Lexus GX mendatang.

Konfigurasi tersebut menyiratkan bahwa pabrikan tetap mempertahankan tata letak mesin bagian depan dengan penggerak roda belakang. Diharapkan juga, mobil tersebut akan menawarkan dua opsi transmisi manual maupun otomatis.

9
Toyota GR86 generasi kedua

Diperkirakan Toyota akan bekerja sama dengan Subaru dalam pengembangan model ini. Namun, kemungkinan itu bisa menjadi spekulasi semata bila perusahaan memutuskan untuk mengembangkan sendiri model GR86. Bila hal itu terjadi, maka Subaru BRZ akan menemui fase senjakala. Meskipun demikian, pihak pabrikan berlogo ‘enam bintang’ ini memiliki rencana untuk mengembangkan sebuah coupe bernuansa sport kompak. Sayangnya, informasi mengenai hal ini masih sangat terbatas.

Dengan diberi sistem hybrid pada model GR86, hal tersebut sejalan dengan perencanaan multi-jalur, yakni menghadirkan berbagai opsi kendaraan demi memperluas ekosistem ramah lingkungan.

Sebelumnya dalam Japan Mobility Show 2023, Toyota juga menghadirkan konsep FT-Se, yakni mobil sport dengan teknologi Battery Electric Vehicle (BEV). Meskipun akan mengisi segmen mobil sport, tampilan dari kendaraan ini menyerupai supercar futuristik.

Sayangnya, perusahaan tidak memberi spesifikasi detail mengenai model ini. Namun, bisa dipastikan mobil ini akan dikembangkan di bawah naungan divisi Gazoo Racing (GR). Disebutkan bahwa versi produksinya akan menyerupai konsep yang telah dipamerkan.