Inilah BMW i16, Penerus i8 yang Tidak Pernah Masuk Fase Produksi karena Pandemi
Konsep BMW i16. (Dok. Domagoj Dukec/Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari pabrikan mobil BMW. Domagoj Dukec, Kepala Desain BMW, memperluas konsep model i16 yang tidak pernah masuk ke dalam versi produksi. Model ini dianggap sebagai penerus dari i8 yang produksinya dihentikan pada tahun 2020 lalu.

Melalui akun media sosial pribadinya, sang desainer menyebarkan gambaran model i16 yang memiliki tampilan mencolok, dikembangkan oleh divisi performa tinggi, M, setelah keberhasilan supercar ikonik M1 pada tahun 1978.

Dilansir dari Autocar, Senin, 12 Februari, mobil ini tidak pernah masuk produksi karena perubahan siklus yang dipicu oleh pandemi pada tahun 2020, sehingga proyek tersebut terpaksa tidak dilanjutkan.

8

Menurut Dukec, BMW i16 menampilkan gaya klasik yang menonjolkan aspek masa depan dan mengambil inspirasi dari desain M1 yang diciptakan oleh perancang mobil terkenal, Giorgetto Guigiaro. Mobil ini menampilkan siluet menawan di bagian kabin depan, lengkungan belakang yang berventilasi, serta kap mesin yang berbentuk kisi.

Model i16 dirancang dengan menggunakan struktur komposit dari i8 untuk memangkas biaya pengembangan dan meningkatkan kelayakan sebagai mobil produksi. Selain itu, mobil gaya supercar ini tetap akan menggunakan sistem plug-in hybrid (PHEV) yang sama seperti pendahulunya.

Dengan demikian, kemungkinan i16 akan mengadopsi mesin bensin 3-silinder 1,5 liter turbo yang terhubung ke motor listrik, menghasilkan tenaga hingga 369 dk dan mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 4,3 detik.

Dikarenakan sistem PHEV, mobil ini memiliki kemampuan untuk berjalan dengan tenaga listrik murni, serupa dengan mobil listrik (EV). BMW i8 sendiri memiliki baterai yang mampu memberikan jangkauan lebih dari 48 km hanya dengan tenaga listrik.

Diperkenalkan pada tahun 2014, BMW i8 meraih kesuksesan di segmen sports car dengan berhasil menjual 20.465 unit. Namun, produksi mobil ini harus dihentikan pada Juni 2020 untuk memberi ruang bagi kendaraan baru, seperti iX4, i4, dan iX.

Saat ini, divisi M telah meluncurkan XM sebagai penerus tidak langsung dari M1. Mobil ini merupakan salah satu SUV bertenaga terbesar di kelasnya dengan mesin V8 yang menghasilkan tenaga 653 dk, yang dipadukan dengan motor listrik.