Model iX Masih Pimpin Penjualan Elektrifikasi BMW di Indonesia
BMW iX xDrive40 Sport (sumber : BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Perpindahan elektrifikasi saat ini tidak bisa dibendung, beberapa pabrikan telah memantapkan diri untuk menyambut era baru tersebut dengan menghadirkan lebih banyak model EV. Salah satu pabrikan yang berkomitmen dalam hal ini ialah BMW.

Di Indonesia, pabrikan asal Jerman ini telah memperkenalkan beberapa model EV, diantaranya iX, i4, i7, dan produk lainnya. Sejak diperkenalkan, beberapa mobil tersebut mendapatkan sambutan yang positif dari beberapa kalangan.

Ini dibuktikan dari hasil penjualan yang diperoleh BMW Astra, selaku diler resmi BMW di Indonesia, selama beberapa waktu terakhir. Mereka mencatat saat ini penjualan EV di Indonesia dipimpin oleh iX.

“Untuk segmen elektrifikasi, masih dipimpin oleh iX. Walaupun di pasar kita telah menyediakan i4, i8, dan i7 di Indonesia,” ucap Sanfrantis Tanu, selaku Chief Executive BMW Astra, kepada VOI, Selasa, 17 Oktober.

Sanfrantis mengatakan, penjualan iX yang berlangsung positif diikuti oleh sedan i4, versi elektrifikasi dari Seri-4. Walaupun, ia tidak bisa menyebutkan angka penjualannya.

“Kami tidak bisa menyebut angkanya. Namun, yang pasti penjualan i4 berada di bawah iX saat ini,” jelas Sanfrantis.

Untuk spesifikasi, BMW iX dibekali motor listrik yang dapat menghasilkan daya 326 dk dan torsi 630 Nm. Dengan daya tersebut, SAV teranyar milik BMW mampu melaju dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 6,1 detik dengan kecepatan maksimal 200 km/jam.

Baterai yang disematkan pada BMW iX ialah Lithium-ion dengan kapasitas 76,6 kWh. Jarak yang dapat ditempuh mobil ini 390 km dalam keadaan baterai penuh.

Hadir dengan varian tunggal untuk pasar Indonesia, yakni iX xDrive40 Sport, SUV bertenaga listrik tersebut dibanderol senilai Rp2,43 miliar OTR Jakarta.

Secara global, BMW Group telah mencatat penjualan sebanyak 246.867 unit atau mengalami kenaikkan 93 persen dari tahun sebelumnya. Tentu pihak perusahaan percaya diri dengan bahwa dalam segmen tersebut akan menghasilkan raihan penjualan yang melebihi tahun lalu. Sebagai gambaran, BMW Group bukukan sebanyak 433.795 unit dalam penjualan kendaraan elektrifikasi pada 2022 lalu.