Bagikan:

JAKARTA - Telah dikonfirmasi sebelumnya, Toyota akan turut serta dalam ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023 yang berlangsung pada 26 Oktober-5 November 2023 mendatang. Mengusung semangat ‘Let’s Change the Future of Cars-Find Your Future’, menjadi komitmen perusahaan dalam menyediakan lebih banyak kendaraan bebas karbon.

Setelah mengumumkan beberapa model, pabrikan asal Jepang tersebut juga akan membawa sebuah mobil pikap konsep bernama ‘IMV 0’ atau disebut sebagai ‘Rangga Concept’ yang telah diperkenalkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus lalu.

Dilansir dari laman resmi perusahaan, Rabu, 18 Oktober, mobil tersebut dihadirkan demi memenuhi kebutuhan mobilitas penggunanya. Dalam booth, mereka akan menampilkan serangkaian program dalam memperkenalkan kendaraan tersebut.

Toyota akan membawa Rangga Concept yang telah dimodifikasi menjadi ‘Mobile Café’ serta tampilan yang menarik. Booth ini juga akan menampilkan kisah-kisah yang menunjukkan kemungkinan mobil tersebut dirancang dari ide-ide pelanggan.

Toyota IMV 0 atau Rangga Concept. (Toyota Global)

Mengusung tipe pikap, Rangga Concept memiliki panjang 5.300 mm, lebar 1.785 mm, tinggi 1.740 mm, dan wheelbase 3.085 mm. Mobil ini mampu menampung kapasitas penumpang hingga dua orang disatukan dengan bagian bak yang panjang.

Sebelumnya, Rangga Concept yang dimodifikasi menjadi ‘Mobile Café’ tersebut telah hadir pada gelaran Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2023 dan GIIAS 2023.

Penamaan "Rangga" diambil dari bahasa Jawa, yakni "Ronggo", yang memiliki arti sebagai pahlawan atau ksatria. Dengan penyematan nama tersebut, diyakini bahwa kendaraan ini akan dipercaya sebagai kendaraan yang kuat dan tangguh.

Toyota memiliki kisah yang bagus di industri komersial dengan Kijang Pick Up generasi pertama pada tahun 1977. Toyota Kijang menorehkan sejarah positif karena mampu mendorong perkembangan industri otomotif di Indonesia dan berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Kembali ke JMS 2023, pabrikan akan membawa membawa beberapa model konsep untuk meriahkan salah satu gelaran otomotif terbesar di Jepang tersebut. Toyota akan menghadirkan FT-Se sebagai mobil sport Battery Electric Vehicle (BEV) pertamanya.

Toyota Rangga Concept atau IMV 0 dijadikan Mobile Café. (Toyota Global)

Kemudian, mereka juga akan menampilkan konsep FT-3e yang menampilkan desain gagah dan kaku pada bagian belakang ke depan. Perusahaan mengatakan desain yang ditawarkan memadukan gaya terdepan dan estetika dengan menjaga bentuk bodinya sesederhana mungkin.

Yang terakhir, pabrikan yang didirikan oleh Kiichiro Toyoda juga akan memamerkan model konsep minivan bernama Kayoibako EV. Mobil ini disebut dapat membantu pengusaha kecil dalam mengantarkan barang ke berbagai tempat.