Lampaui Ekspektasi, Toyota Bukukan 5.796 SPK di GIIAS 2023 Didominasi Segmen LMPV
All New Toyota Avanza. (Dok. Toyota Astra Motor)

Bagikan:

JAKARTA - Distributor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Toyota, PT Toyota-Astra Motor (TAM), berhasil mencatat raihan yang baik selama gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Selama pergelaran tersebut berlangsung di ICE BSD, Tangerang, Toyota telah mengumpulkan 5.796 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), yang didominasi oleh segmen LMPV.

Wakil Presiden PT TAM, Henry Tanoto, mengatakan bahwa angka yang diraih oleh pihaknya tidak terlepas dari kepercayaan pengunjung pada kendaraan Toyota sehingga pabrikan asal Jepang ini menjadi pemain utama dalam perkembangan industri otomotif di Indonesia.

"Semangat Toyota untuk menghadirkan beragam carbon neutral mobility solution dengan membawa formasi lengkap Electrified Vehicle (xEV) di GIIAS 2023, ternyata hasilnya melampaui ekspektasi kami dan berkontribusi besar pada penjualan yang membuktikan bahwa kendaraan ini semakin dikenal dan diminati masyarakat,” kata Henry dalam keterangannya, Senin, 21 Agustus.

Secara rinci, SPK yang dibukukan oleh Toyota dikuasai oleh dua model LMPV, yakni Avanza dan Veloz yang memimpin penjualan dengan catatan SPK pada 1.213 unit atau menyumbang 20,9 persen.

Selanjutnya ada model segmen lain, seperti All New Kijang Innova Zenix yang berhasil dipesan sebanyak 823 unit atau 14,2 persen dari keseluruhan. Berlanjut pada dua model city car Calya berjumlah 816 unit (menyumbang 14,1 persen) dan All New Agya sebanyak 648 unit (11,2 persen dari keseluruhan).

All New alphard yang baru diluncurkan juga terjual 382 unit atau menyumbang 6,6 persen dari keseluruhan. Lalu, diikuti oleh All New Yaris Cross Hybrid dengan 222 unit, Toyota bZ4x total 5 unit, dan RAV4 PHEV GR Sport dengan 3 unit.

Seementara, Rangga Concept berhasil mencuri perhatian pengunjung selama pergelaran tersebut diadakan. Toyota mencatat sebanyak 200 konsumen yang menyatakan minatnya untuk menjadi pembeli pertama pikap konsep tersebut.

Dalam gelaran GIIAS 2023, Toyota menghadirkan lebih banyak kendaraan netral karbon, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plugi-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Toyota juga menguatkan komitmennya di GIIAS 2023 dengan menghadirkan teknologi alternatif dalam dua model, yaitu Corolla Cross HEV Flexy Fuel Bioethanol dan Corolla Cross H2 Concept yang ramah lingkungan.