Bagikan:

JAKARTA - Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 menjadi pembuktian untuk beberapa pabrikan yang ingin memamerkan model terbarunya. Salah satunya adalah pabrikan mobil asal Jepang; Toyota yang menghadirkan Rangga.

Selain memamerkan kendaraan keluaran terbaru, berbagai pabrikan juga memperkenalkan dan menampilkan kendaraan yang masih dalam konsep yang nantinya akan menjadi basis dari model terbaru. Purwarupa Toyota Rangga dipamerkan untuk publik.

Salah satu pabrikan yang menampilkan mobil konsep dalam GIIAS 2023 ialah Toyota. Melalui Agen Pemegang Merek (APM), PT Toyota-Astra Motor (TAM), mereka membawa sebuah pikap konsep bernama "Rangga Concept".

Wakil Presiden PT TAM, Henry Tanoto, mengatakan bahwa dihadirkannya Rangga Concept demi meneruskan warisan dari Kijang Pick Up yang telah melegenda berkat kemampuan serta ketangguhannya yang menjadi daya tarik masyarakat.

"Toyota menghadirkan mobil konsep Rangga untuk dapat meneruskan warisan kesuksesan dari ikonik Kijang Pick Up yang dikenal akan ketangguhan dan keandalannya, serta mampu memberikan solusi mobilitas yang ekonomis dan sesuai kebutuhan para pelaku usaha,” kata Henry Tanoto dalam keterangannya, Rabu, 16 Agustus.

Disebutkan juga Toyota Rangga Concept akan mampu membangkitkan perindustrian otomotif Tana Air seperti yang dilakukan oleh Kijang Pick Up pada masa lalu.

Penamaan "Rangga" diambil dari bahasa Jawa, yakni "Ronggo", yang memiliki arti sebagai pahlawan atau ksatria. Dengan penyematan nama tersebut, diyakini bahwa kendaraan ini akan dipercaya sebagai kendaraan yang kuat dan tangguh.

Dalam GIIAS 2023, Toyota turut meramaikan berbagai versi dari Rangga Concept, mulai dari Rangga Concept Mobile Café, Rangga Concept Ambulance, Rangga Concept EV Mobile Service, dan Rangga Concept Pace Car. Sehingga, membuktikan kendaraan ini mampu dijadikan untuk berbagai keperluan bagi para pemiliknya.

Rangga Concept adalah pikap yang dibangun di atas plaPada ajang GIIAS 2023, Toyota Indonesia Mobility Solution for All, dengan menghadirkan sebuah gambaran berbagai solusi melalui berbagai konversi dari Rangga Concept, form Innovative International Multi-Purpose Vehicle (IMV).

Meskipun spesifikasinya belum diungkap, TAM berencana meluncurkannya sebagai kendaraan komersial untuk bersaing dengan Isuzu Traga.

Toyota memiliki kisah yang bagus di industri komersial dengan Toyota Kijang Pick Up generasi pertama pada tahun 1977. Toyota Kijang menorehkan sejarah positif karena mampu mendorong perkembangan industri otomotif di Indonesia dan berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.