Bagikan:

JAKARTA - Pada acara Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2023, PT Toyota-Astra Motor (TAM) turut menghadirkan model Rangga Concept yang telah dimodifikasi. Pikap tersebut disulap menjadi Mobile Cafe dan Pace Car.

TAM memajang modifikasi Rangga Concept tersebut bertujuan untuk memperlihatkan kepada pengunjung bahwa mobil ini dapat memenuhi dan memudahkan berbagai kebutuhan niaga.

"Semoga kehadiran Rangga Concept dapat menginspirasi para modifikator lokal untuk mengembangkannya ke berbagai bentuk kendaraan serbaguna yang dapat memajukan perekonomian Indonesia,” kata Anton Jimmi Suwandi, selaku Direktur Pemasaran PT TAM, dalam keterangan yang diterima VOI, Jum'at, 29 September.

Dalam gelaran tersebut, Toyota Rangga Concept dimodifikasi menjadi Mobile Cafe, seperti halnya kafe berjalan yang menyediakan kopi untuk para pelanggan kapanpun dan dimanapun.

Toyota juga mengubah pikap tersebut menjadi Pace Car, sebuah kendaraan yang memandu jalannya balapan di trek. Berbeda dari Mobile Cafe, Rangga Concept Pace Car dibuat seperti mobil balap dengan dihadirkannya desain agresif, jok racing, dan sirine yang akan mengawal untuk memulai jalannya balapan.

Debut di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Rangga Concept diperkenalkan sebagai calon kendaraan komersial baru dengan mengusung pikap yang handal.

Penamaan "Rangga" diambil dari bahasa Jawa, yakni "Ronggo", yang memiliki arti sebagai pahlawan atau ksatria. Dengan penyematan nama tersebut, diyakini bahwa kendaraan ini akan dipercaya sebagai kendaraan yang kuat dan tangguh.

Toyota memiliki kisah yang bagus di industri komersial dengan Kijang Pick Up generasi pertama pada tahun 1977. Toyota Kijang menorehkan sejarah positif karena mampu mendorong perkembangan industri otomotif di Indonesia dan berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Kembali ke IMX 2023, kontes Design Modification Contest Rangga Concept (DigiModz) yang telah dibuka pada GIIAS lalu, akan memasuki babak 15 besar. Dengan tiga tema yang dipilih, yaitu Business, Public Service, dan Lifestyle, masing-masing kategori akan dipilih lima desain terbaik di booth Toyota di JCC Senayan, Jakarta.