Penjualan BMW di Indonesia Membaik Periode Januari-Oktober 2023, Ini Kata BMW
BMW iX xDrive40. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis data penjualan wholesales dari berbagai pabrikan, termasuk BMW, yang mencatat hasil positif selama sepuluh bulan pertama tahun ini di Indonesia.

Berdasarkan data penjualan grosir tersebut, BMW berhasil menjual sebanyak 3.608 unit kendaraan dari Januari hingga Oktober 2023, mengalami peningkatan sebesar 45 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 2.489 unit.

Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia, menyatakan bahwa pencapaian positif ini dapat diatribusikan kepada produk-produk unggulan dan pelayanan premium yang ditawarkan kepada konsumen.

“BMW Indonesia terus berinovasi dengan menghadirkan rangkaian produk terbaru dan memberikan penawaran serta layanan premium kepada pelanggan. Peningkatan penjualan kami tahun ini didorong oleh hal-hal tersebut,” ungkap Jodie saat dihubungi oleh VOI pada Jumat, 17 November.

Ia menambahkan bahwa penjualan BMW didukung oleh meningkatnya permintaan untuk kendaraan listrik, khususnya BMW iX, yang merupakan salah satu kendaraan listrik (EV) premium terlaris di Indonesia.

“Rangkaian kendaraan listrik turut mendorong penjualan, seperti BMW iX yang kini menjadi kendaraan listrik premium terlaris di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 42%,” kata Jodie.

Menurut data dari Gaikindo, BMW iX xDrive40, yang diperkenalkan pada Maret lalu, berhasil terjual sebanyak 430 unit hingga Oktober dan mendominasi pasar EV kelas premium di Indonesia.

Selain iX, dua model EV premium lainnya juga mencatat penjualan signifikan dalam sepuluh bulan terakhir, yaitu Lexus RZ 450+ sebanyak 167 unit dan BMW i7 xDrive60 sebanyak 90 unit.

Untuk spesifikasi, BMW iX dilengkapi dengan motor listrik yang menghasilkan daya 326 dk dan torsi 630 Nm. Dengan daya tersebut, SAV (Sports Activity Vehicle) terbaru BMW mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 6,1 detik dengan kecepatan maksimal 200 km/jam.

Baterai yang tertanam pada BMW iX adalah Lithium-ion dengan kapasitas 76,6 kWh, memberikan jangkauan sekitar 390 km dalam kondisi baterai penuh.

BMW iX xDrive40 Sport, varian tunggal yang ditawarkan di pasar Indonesia, dijual dengan harga sekitar Rp2,43 miliar OTR Jakarta.