Penuhi Alokasi, Toyota Hapus Model GR Supra di Inggris
Toyota GR Supra. (Dok. Toyota Gazoo Racing)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari Toyota di Inggris. Dikabarkan bahwa pabrikan ternama ini telah menghapus model GR Supra dari situs resmi mereka sekaligus mengindikasikan bahwa mobil sport tersebut tidak tersedia untuk dipasarkan.

Menurut laporan Autocar, Jumat, 22 Desember, produsen otomotif asal Jepang ini telah menerima pemesanan yang mencapai alokasi maksimum untuk tahun ini dan belum diputuskan waktu kembalinya model ikonik tersebut.

Penghapusan model Supra dari peredaran pasar Inggris menjadikan GR86 sebagai satu-satunya mobil sport yang masih tersedia. Pemesanan untuk GR86 telah dibuka kembali karena tingginya permintaan.

9
Toyota FT-Se. (Dok. Toyota Global)

Meskipun demikian, Toyota sedang mempersiapkan versi tertinggi dari model ini, yaitu GRMN Supra. Hal itu dibuktikan dengan tangkapan kamera yang menunjukkan model tersebut tengah diuji coba di sirkuit Nurburgring, Jerman. Disebutkan bahwa model ini akan berbagi mesin yang sama seperti BMW M2 dengan sasis yang lebih kompak.

Dengan demikian, pabrikan tersebut tidak memiliki rencana untuk menghentikan penjualan mesin pembakaran (ICE) secara permanen pada mobil sportnya di masa mendatang. Namun, mereka tetap menyediakan berbagai opsi untuk pelanggannya.

Belum lama ini, Toyota telah memperkenalkan konsep FT-Se, model pratinjau dari Battery Electric Vehicle (BEV) yang dikembangkan oleh divisi Gazoo Racing (GR). Hal ini sejalan dengan perencanaan multi-jalur dari perusahaan yang melibatkan teknologi hybrid, hidrogen, dan listrik.