Peringati Nama Supra ke-45 Tahun, Toyota Luncurkan GR Supra Edisi Terbatas hanya 900 Unit
GR Supra 2024 45th Anniversary Edition. (Dok. Toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak hadir tahun 1979, model Toyota Supra telah melegenda dengan menawarkan tampilan sporty serta performa yang disukai pecinta otomotif dunia.

Untuk merayakan kelahiran dari model Supra, Toyota merilis edisi spesial dari mahakarya ini, yaitu Toyota GR Supra 2024, dengan tampilan lebih agresif berbeda dari GR Supra versi standar.

Dikutip dari laman Toyota USA, Rabu, 21 Juni, mobil yang diluncurkan untuk merayakan hari jadi ke-45 dari nama ikonik ini, Toyota menyematkan pelek aluminium 19 inci dengan warna matte-black dengan rem kaliper berlogo Gazoo Racing (GR).

Dengan menghadirkan paket 3.0 Premium Grade, Toyota juga menambahkan sayap belakang yang berperan dalam meningkatkan daya tekan ke bawah pada GR Supra. Bahkan, pengguna mobil ini dapat mengatur penyetelan secara manual pada sayap belakang sesuai keinginan.

Walaupun mobil ini dihadirkan berbeda, namun mesin yang dipunyai oleh GR Supra 2024 edisi spesial tersebut tetaplah sama. Toyota GR Supra edisi khusus dibekali dengan mesin 6-silinder 3,0 liter turbocharged yang dapat memuntahkan daya 382 dk dan 498 Nm.

Dengan mesin yang mengesankan tersebut, GR Supra 2024 hadir dengan opsi transmisi manual enam percepatan dan delapan percepatan otomatis.

GR Supra 2024 45th Anniversary Edition akan hadir dengan dua warna yang lebih segar, yakni Mikan Blast atau Absolute Zero. Karena mobil ini diluncurkan sebagai edisi khusus, pabrikan asal Jepang tersebut hanya menghadirkannya sebanyak 900 unit.

Sedikit sejarahnya, berawal dari nama Toyota Celica Supra, generasi pertama, yakni MkI, mobil ini diposisikan sebagai mobil sport mewah yang dimiliki oleh Toyota. MkI memiliki mesin 2,6 liter 6-segaris yang dapat menghasilkan 110 dk dengan transmisi otomatis dan manual.

Lalu, Supra generasi berikutnya hadir dengan nama MKII dengan tampilannya didesain ulang dengan dimensi lebih panjang serta menampilkan lampu depan tertutup dengan desain yang masih kaku.

Toyota akhirnya menyingkirkan nama "Celica" pada 1986 dengan generasi ketiga dari Supra, MKIII yang memiliki tampilan tidak jauh berbeda dengan MkII, namun ditingkatkan performanya dengan mesin 6-silinder yang menghasilkan 200 dk.

Masa keemasan Supra ada pada generasi keempat, MkIV dengan tampilan yang baru serta mesin terbaru 2JZ-GTE 6-segaris yang dapat menghasilkan daya puncak 320 dk. MkIV menjadi mobil Toyota pertama yang menghadirkan transmisi enam percepatan.

Singkat cerita, lahirlah generasi kelima, MkV pada 2019 lalu dengan desain yang terinspirasi dari Supra generasi sebelumnya dan Toyota 2000GT 1967. Lalu, Toyota menghadirkan GR Supra di bawah label "Gazoo Racing" dengan performa tinggi.