Bagikan:

JAKARTA - Kabar cukup mengejutkan datang dari kubu Toyota. Model sport GR Supra dilaporkan akan dihentikan produksinya pada 2026 menyusul kabar disuntik matinya BMW Z4.

Dihentikannya produksi dua mobil tersebut sebagai imbas dari masalah yang dihadapi Magna Steyr, pabrik yang memproduksi kedua model ini di Austria. Tercatat bahwa perusahaan ini telah memberhentikan sekitar 500 karyawan di Graz.

Langkah yang diambil oleh Magna Steyr harus dilakukan karena sejumlah model rakitan mereka seperti BMW Seri-5, Jaguar E-Pace dan I-Pace, dan Fisker Ocean akan segera berakhir.

Ini juga diperkuat dengan pernyataan dari Vice President Toyota Motor North America Group Dave Christ, yang mengatakan bahwa pihaknya akan mengevaluasi segala kemungkinan mengenai kerja sama dengan BMW mengenai Toyota GR Supra.

“Kami bermitra dengan BMW dan ini berhasil. Kami sedang mengevaluasi apa yang akan terjadi selanjutnya,” kata Christ dikutip dari Carscoops, Kamis, 30 Mei.

Meskipun demikian, pabrikan dari Jepang ini akan masih membuka kemungkinan dan mengupayakan segalanya agar GR Supra dapat bertahan di masa depan, termasuk mempertimbangkan membangun basis sendiri

“Saya pikir jika kita ingin membangun sesuatu, kita akan memikirkan cara untuk membangunnya,” tambah Christ.

Dikembangkan oleh divisi performa tinggi Gazoo Racing (GR), model ini dibangun di satu platform yang sama dengan BMW Z4. GR Supra juga merupakan suksesor dari generasi keempat yang dihentikan produksinya pada 2002 lalu.

Saat ini, mobil sport ini dibekali oleh mesin berkapasitas 3,0 liter 6-silinder segaris yang disuplai dari BMW sehingga menghasilkan tenaga mencapai 382 dk menjadikannya salah satu mobil produksi Toyota paling bertenaga di era modern.

Pada Maret lalu, pabrikan juga sedang mengembangkan versi paling bertenaga dari model ini bernama Supra GRMN di sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman.

Kemungkinan sedan bergaya dua pintu ini akan memakai mesin yang sama dengan M4 CSL, 3,0 liter twin-turbo sehingga menghasilkan tenaga hingga 543 dk dan torsi 649 Nm.

Supra GRMN dikabarkan juga akan menjembatani kehadiran Supra generasi terbaru dengan mengusung teknologi mild-hybrid sekaligus yang pertama dalam seri ini.