Pabrikan Pembuat Fisker Ocean Ini Dikabarkan akan Kembangkan SUV VW Scout Listrik
Desain SUV listrik Scout. (Dok. Volkswagen)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Mei 2022 silam, Grup Volkswagen mengumumkan akan meluncurkan pikap serba listrik dan SUV tangguh di Amerika Serikat. Keputusan Dewan Manajemen saat itu juga menyebut kendaraannya akan dirancang, direkayasa, dan diproduksi di AS untuk pelanggan Amerika.

Untuk mencapai tujuan ini, sebuah perusahaan independen yang terpisah akan didirikan di AS seiring dengan Grup Volkswagen yang memindahkan merek ikonik AS, Scout, ke sektor kendaraan listrik.

Namun kabar terbaru menyebut Grup Volkswagen akan menyerahkan pengembangan SUV listrik Scout kepada Magna Steyr, pabrik manufaktur mobil kontrak yang berbasis di Graz, Austria.

Awalnya kabar ini mencuat dari surat kabar Austria, Kleine Zeitung yang diteruskan Automotive News, di mana disebut perusahaan Jerman ini akan menggunakan keahlian teknik perusahaan Austria ini untuk mengembangkan model baru untuk Scout, anak perusahaan independen di bawah Grup VW.

VW dilaporkan memberi Magna Steyr kontrak senilai 450 juta euro untuk mengembangkan pikap dan SUV listrik. Pesanan ini merupakan kontrak pengembangan terbesar perusahaan, sekaligus menandakan jika merek Scout nantinya tidak hanya dijual atau berbasis di Amerika seperti rencana VW sebelumnya.

9
Desain dari SUV dan pikap kabin ganda Scout

Scout berencana meluncurkan dua model baru pada akhir 2026 - keduanya akan menggunakan platform baru Grup VW, Scalable Systems Platform (SSP).

Sementara, Magna Steyr bukanlah pabrikan sembarangan dalam hal pembuatan mobil listrik karena telah memproduksi pesaing terbaru yang menjanjikan di pasar mobil listrik AS, Fisker Ocean.

Magna Steyr juga memimpin pengembangan dan produksi Mercedes-Benz G-Class listrik. Model lain yang diproduksi oleh perusahaan ini adalah Toyota GR Supra, BMW Z4, dan Jaguar I-Pace.

Dalam laporan sebelumnya, Grup VW juga telah menginvestasikan 2 miliar dolar AS untuk membangun pabrik perakitan di South Carolina dengan luas mencakup 1.600 hektare.

Dilansir dari Carbuzz, 26 November, untuk truk pikap listrik Scout jika nanti diluncurkan di AS maka akan bersaing ketat dengan Ford F-150 Lightning dan GMC Hummer EV. Satu lagi saingannya yang tak bisa dipandang sebelah mata adalah Tesla Cybertruck.