Desainer Mobil James Bond Siapkan Mobil Ramah Lingkungan untuk Paus Fransiskus
Paus Fransiskus dengan Toyota Mirai. (Sumber: mechaarthd.com)

Bagikan:

JAKARTA - Jika tidak ada aral melintang Paus Fransiskus untuk pertama kalinya akan memiliki mobil dinas atau Mobil Pop listrik yang dipasok oleh Fisker Inc.

Dalam pengumumannya Jumat 21 Mei, perusahaan yang berbasis di Los Angeles tersebut akan memasok kendaraan full listrik dengan fitur antara lain, atap surya hingga karpet yang terbuat dari daur ulang botol plastik.

Nantinya, Fisker akan menyediakan kendaraan listrik yang bisa digunakan Paus Fransiskus untuk beragam keperluan, lengkap dengan kubah kaca, biasanya anti-peluru, yang bisa dibuka hingga interiornya yang terbuat dari materi berkelanjutan dan daur ulang. 

Kendaraan ini dibangun dari salah satu kendaraan listrik lansiran Fisker, Ocean, yang diharapkan menjadi kendaraan dinas Paus tanpa emisi, yang mampu berakselerasi mencapai 60 mph dalam 2,9 second dan mampu menempuh jarak hingga 350 mil.  

Pihak perusahaan mengatakan, salah satu pendiri Henrik Fikser yang sebelumnya desainer untuk pembuat mobil mewah asal Inggris Aston Martin dan Dr. Geeta Gupta-Fisker, bertemu dengan Paus Fransiskus di Kota Vatikan.

"Saya mendapat inspirasi dari membaca, Paus Fransiskus sangat perhatian tentang lingkungan dan dampak perubahan iklim bagi generasi mendatang," kata Fisker, melansir Reuters Jumat 21 Mei.

Yang menarik, Henrik Fisker merupakan sosok dibalik kendaraan keren yang digunakan oleh tokoh film mata-mata legendaris, James Bond. Ya, Henrik Fisker berada di belakang mobil BMW Z8 retro untuk Pierce Brosnan dalam  syuting film James Bond: 'The World is Not Enough', melansir thisismoney.

Produksi kendaraan listrik jenis SUV ini direncanakan akan dimulai pada November tahun depan, melalui kontrak pabrikan Magna International Inc., di Eropa.

Perusahaan tidak mengungkapkan biaya kendaraan modifikasi yang ditujukan untuk Paus, tetapi Fisker Ocean dipasarkan mulai dari 37.499 dolar Amerika Serikat di Negeri Paman Sam dan 32.000 euro di Jerman.

Tahun lalu, Paus Fransiskus menerima sedan Toyota Mirai bertenaga hidrogen yang dirancang khusus untuk memastikan mobilitasnya.