Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan otomotif dari Jerman, Mercedes-Benz resmi menaikkan kecepatan sistem berkendara Drive Pilot Level 3 menjadi 95 km/jam. Peningkatan tersebut juga dapat memberikan manfaat yang jauh lebih besar bagi pelanggan untuk berjalan di jalan raya.

Sebelum sistem tersebut tersedia secara massal pada tahun depan, Drive Pilot perlu disertifikasi ulang oleh Otoritas Transportasi Motor Federal Jerman yang diharapkan dilakukan mulai akhir tahun 2024.

Chief Technology Officer Mercedes-Benz Group AG Markus Schafer, mengatakan fitur ini juga meningkatkan efisiensi waktu agar pelanggan dapat berkendara ke tempat tujuan lebih cepat dari sebelumnya dan bisa mengalihkan ke kegiatan lainnya ketika sedang mengemudi.

“Dalam waktu dekat, pengemudian otomatis bersyarat hingga 95 km/jam dapat diaktifkan dalam lalu lintas lancar dalam kondisi tertentu di jalan raya Jerman. Dengan ini, pelanggan kami dapat menggunakan lebih banyak waktu mereka dengan lebih efisien,” kata Schafer dalam laman resmi Mercedes-Benz, Selasa, 24 September.

Drive Pilot dapat digunakan dalam arus lalu lintas dalam kondisi tertentu di lajur kanan jalan raya, sambil mengikuti kendaraan di depan. Pilihan yang tersedia sebelumnya untuk menggunakan sistem dalam kondisi lalu lintas padat dan kemacetan lalu lintas di jalan raya yang sesuai akan tetap ada.

Selama sistem diaktifkan, tugas mengemudi dapat diserahkan ke sistem, sehingga pelanggan dapat menggunakan waktu mereka lebih efisien.

Pengemudi dapat memilih untuk terlibat dalam aktivitas sekunder tertentu seperti bekerja, menjelajah internet, menonton TV, atau bahkan streaming film melalui layanan RIDEVU oleh Sony Pictures Entertainment.

Selain itu, Drive Pilot memiliki keselamatan yang berperan penting mengontrol dalam mengemudi, pengereman, serta dapat mengetahui bahwa terdapat kegagalan dalam sistem kelistrikan.

Sistem tersebut didukung oleh kamera, radar, sensor ultrasonic, dan LiDAR yang digunakan dalam mengamati keadaan sekitar kendaraan dan diproses secara real-time di dalam mobil.

Fitur yang telah ditingkatkan ini akan dijual mulai awal 2025 di Jerman dengan harga yang sama seperti sebelumnya, yakni 5.950 euro (atau setara Rp100,3 juta). Untuk pemilik kendaraan yang telah memiliki Drive Pilot sebelumnya, dapat melakukan pembaruan secara gratis.