Bagikan:

YOGYAKARTA - Konten kalender dibutuhkan sebagai perencanaan dalam membuat dan mempublikasi konten di media sosial. Memproduksi konten di media sosial mungkin terkesan mudah, namun faktanya cukup merepotkan apabila akunnya harus selalu aktif dan rutin memposting konten. 

Para konten kreator dan pebisnis dituntut untuk mengungah konten secara terjadwal dan masif agar bisa memperoleh engagement dari audiens di media sosial. Supaya terlihat profesional dan selalu mendapat sorotan, publikasi konten harus terjadwal dan terkonsep. Itulah mengapa diperlukan konten kalender untuk memudahkan kegiatan tersebut. 

Dengan memiliki konten kalender, Anda sudah tahu bagaimana alur dan jenis serta bentuk konten yang harus diproduksi. Selain itu, cara ini juga membantu Anda bisa mengelola media sosial secara rapi dan menghadirkan konten-konten yang relevan dengan kebutuhan audiens. Lantas bagaimana langkah-langkah membuat konten kalender yang perlu diterapkan oleh pebisnis dan konten kreator?

Langkah-Langkah Membuat Konten Kalender

Konten kalender adalah alat yang sangat efektif sebagai acuan dalam penjadwalan dan menentukan konten-konten untuk media sosial. Selain berguna bagi kebutuhan akun personal, konten kalender juga berfungsi untuk mengoordinasikan pembuatan konten dan membantu pembtugas tim pemasaran bisnis di medsos. 

Konten kalender adalah jadwal tertulis yang mencakup timeline untuk mempublikasikan konten pemasaran atau promosi yang akan datang atau selama periode tertentu. Konten kalender ini biasanya mencakup tugas-tugas yang pembuatan konten, jenis dan isi konten yang dibuat, jadwal publikasi, aktivitas promosi dan kemitraan, serta keperluan optimasi media sosial lainnya. 

Dengan menggunakan kalender konten, tim media sosial dapat menghemat waktu dan membuat pekerjaan mereka terasa lebih ringan. Berikut ini langkah-langkah membuat konten kalender yang bisa Anda terapkan:

Menentukan Tujuan Pembuatan Konten

Sebagai pebisnis maupun konten kreator, Anda harus menentukan tujuan pembuatan konten. Langkah ini berfungsi sebagai dasar untuk menentukan saluran pemasaran dan format konten yang paling sesuai untuk bisnis Anda. 

Apakah konten tersebut dibuat untuk mendapatkan prospek atau pelanggan baru, mengarahkan pelanggan ke situs web bisnis Anda, meningkatkan visibilitas, atau bahkan menambah jumlah pengikut di media sosial bisnis Anda?

Menentukan Platform Media Sosial yang Digunakan

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk membuat konten kalander adalah terlebih dahulu menentukan platform media sosial yang akan digunakan. Anda bisa melakukan penelitian terlebih dahulu untuk mengetahui platform apa yang digunakan oleh pelanggan bisnis atau target audiens Anda. 

Lihat terlebih dahulu target market Anda lebih aktif menggunakan platorm media sosial apa. Setiap platform media sosial memiliki pengguna dengan karakter dan kebiasaan yang berbeda. Hal ini dapat membantu bisnis Anda menentukan jenis konten yang perlu difokuskan oleh tim pemasaran.

Membuat Template Kalender

Jika sudah menentukan tujuan pembuatan konten dan memilih platformnya, selanjutnya Anda perlu membuat template kalender untuk konten. Saat ini ada banyak platform yang menyediakan fitur perencanaan konten berbasis web. Anda dapat memilih template yang paling sesuai dengan kebutuhan rencana konten Anda.

Jika Anda ingin membuat kalender konten yang cepat dan mudah diakses di semua perangkat, gunakan Google Sheets untuk membuatnya. Pastikan kalender konten tersebut dapat dibagikan dan diedit oleh semua anggota tim pemasaran bisnis Anda.

Menentukan Frekuensi Unggahan

Ketika menyusun rencana pembuatan konten di konten kalender, tentukan frekuensi unggahan. Anda perlu mengatur jadwal terkait kapan konten diposting dan seberapa sering mengunggah konten dalam satu hari maupun satu minggu. 

Langkah ini akan membantu Anda memahami kapasitas dan mengoptimalkan proses pembuatan konten. Baik bekerja secara sendiri maupun tim, sebaiknya Anda melakukan pembuatan stok konten agar jadwal publikasi bisa berjalan lebih lancar. 

Demikianlah langkah-langkah membuat konten kalender untuk akun bisnis dan bagi konten kreator. Setelah menyusun konten kalender dan berjalan mengisi media sosial dengan konten-konten yang dibuat, jangan hanya berhenti di situ saja. Setelahnya, Anda perlu mengaudit media sosial untuk melilhat kinerja konten Anda. Langkah ini sangat membantu untuk bahan evelauasi dan sebagai acuan strategi pembuatan konten selanjutnya. Baca juga 7 jenis konten untuk meningkatkan engagement

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.