6 Faktor Penting dalam Membuat Iklan Digital agar Efektif dan Sukses Closingan
Faktor penting dalam membuat iklan digital (foto: dok. freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak pebisnis sudah menjalankan iklan online namun hasilnya masih belum efektif menaikkan penjualan. Baik iklan di media sosial maupun platform digital lainnya, tidak sebatas pada menampilkan gambar yang menarik dan menyebarluaskan. Ada beberapa faktor penting dalam membuat iklan digital yang harus dipahami oleh pelaku bisnis.

Pemasangan iklan online menjadi strategi pemasaran penting di era digital seperti sekarang ini. Untuk bisa bersaing dengan kompetitor dan mengundang perhatian pasar, maka bisnis atau brand harus memanfaatkan platform-platform digital untuk beriklan atau disebut digital advertising (Ads).  

Strategi iklan ini bertujuan untuk mengajak target market melakukan pembelian melalui halaman media sosial, web, aplikasi, dan platform lainnya. Meski banyak orang sudah akrab dengan aktivitas digital, namun tidak sedikit digital ads yang belum bekerja maksimal untuk mendatangkan pembeli. Oleh karena itu pebisnis perlu tahu faktor penting dalam membuat iklan digital. 

Faktor Penting dalam Membuat Iklan Digital

Iklan digital kini menjadi aktivitas yang tak terhindarkan baik oleh pebisnis berpengalaman maupun entrepreneur pemula. Di era penggunaan platform digital yang marak, mau tidak mau pebisnis juga harus menyesuaikan strategi iklannya untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan efektif. 

Namun tidak asal menyebarkan Ads, pebisnis harus paham tips faktor penting dalam membuat iklan digital berikut ini:

Menentukan Tujuan yang Spesifik

Langkah pertama yang harus dilakukan saat akan memasarkan iklan digital adalah menentukan tujuan yang spesifik. Sebaiknya tujuan beriklan jangan lebih dari satu target. Misalnya ketika Anda ingin mencapai konversi penjualan dan meningkatkan trafik website sekaligus dalam satu iklan. 

Jika Anda memiliki dua tujuan tersebut, disarankan untuk membuat dua iklan yang berbeda sesuai goals masing-masing. Sebab dalam melihat iklan, audiens punya kebutuhan yang berbeda-beda. 

Audiens Harus Tepat Sasaran

Saat beriklan secara online, Anda juga harus paham dan tahu siapa audiens yang dituju. Jadi harus tentukan dari awal target audiens iklan Anda sesuai tujuan yang ingin diraih. Apabila pemasaran Anda tidak tepat sasaran, maka iklan menjadi tidak efektif dan sia-sia. Misalnya ketika Anda menjual produk bayi ke pasar remaja atau anak muda. 

Target audiens untuk iklan Anda harus sesuai dengan produk yang Anda pasarkan. Anda bisa melakukan profiling audiens berdasarkan kebutuhan, mulai dari jenis kelamin, usia, minat, demografis, dan sebagainya. 

Konten yang Menarik

Isi konten menjadi modal penting dalam kesuksesan iklan digital. Jadi Anda harus memikirkan ide konten yang menarik, mulai dari isi hingga pengemasannya. Konten yang bagus secara visual atau tampilan saja tidak cukup mampu untuk menggaet perhatian audiens. 

Dalam membuat konten untuk digital Ads, ada beberapa elemen yang perlu Anda perhatikan mulai dari copywriting, desain, video, link, dan lainnya. Pastikan elemen-elemen tersebut bisa Anda olah dengan cara menarik dan tepat sesuai tujuan. 

Pesan yang Disampaikan Harus Jelas

Masih dengan strategi konten, pesan dalam iklan juga harus disampaikan dengan jelas. Hindari membuat iklan yang ambigu, rumit, atau bertele-tele, sebab justru akan membuat audiens bosan dan kurang tertarik. Pesan dalam iklan harus jelas dan to the point untuk mengajak audiens berminat membeli produk. 

Memilih Platform yang Sesuai

Ada berbagai platform digital yang bisa Anda pilih untuk menyebarkan iklan online. Setiap platform memiliki behaviour audiens yang berbeda-beda, begitu pula dengan fitur-fitur yang bisa anda gunakan untuk beriklan. Oleh karena itu, Anda harus memilih platform yang sesuai dengan tujuan iklan dan bentuk konten Anda. 

Mengukur Kinerja Iklan

Langkah terakhir yang seringkali dilewatkan oleh pebisnis padahal sangat penting dilakukan adalah mengukur kinerja iklan. Setelah iklan digital disebarkan, Anda harus memastikan bahwa iklan berjalan efektif dan memberikan impresi yang baik. Beberapa metrik yang bisa Anda lihat untuk mengukur kinerja iklan, yaitu melacak konversi, jumlah klik, interaksi audiens, dan sebagainya. 

Demikianlah beberapa faktor penting dalam membuat iklan digital yang wajib dipahami oleh pebisnis atau digital marketer. Supaya iklan online Anda bisa berjalan dengan efektif dan sukses meningkatkan konversi, maka perhatikan sejumlah hal di atas.