Skill Digital Marketing yang Wajib Dikuasai untuk Memenangkan Persaingan Bisnis Online
skill digital marketing (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Skill digital marketing sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang untuk mempromosikan produk secara efektif dan meningkatkan penjualan lebih maksimal. Di tengah persaingan pasar yang kompetitif, sebuah bisnis atau perusahaan harus memiliki tim pemasaran atau individu yang menguasai ilmu digital marketing. 

Digital marketer saat ini menjadi profesi yang banyak dicari, sehingga peluang kerjanya sangat menjanjikan. Digital marketer adalah seorang yang terampil atau ahli dalam menyusun strategi pemasaran secara online atau menggunakan platform digital. Namun untuk berkarier di bidang ini, ada beberapa skill digital marketing yang harus Anda kuasai.

Skill Digital Marketing yang Wajib Dikuasai

Jual beli atau perdagangan secara online saat ini sudah menjadi kebiasaan dan aktivitas yang marak dilakukan. Oleh karena itu, setiap pebisnis maupun individu harus memahami dan menguasai skill digital marketing agar bisa bersaing dan menang dari kompetitor. 

Dalam bisnis online, ada beberapa komponen yang perlu dioptimasi mulai dari manajemen sosial media, pembuatan konten, copywriting, analisis data, dan lainnya. Berikut ini beberapa skill digital marketing yang harus dikuasai untuk berkarier sebagai digital marketer. 

Analisis Data

Salah satu skill yang wajib dimiliki oleh seorang digital marketer adalah analisis data. Skill ini digunakan untuk melihat dan memahami perilaku konsumen dan pengunjung di media sosial atau situs web, mulai dari durasi kunjungan, waktu kunjungan, trafik, impresi, dan sebagainya. Analisis data ini diperlukan sebagai bahan untuk menyusun strategi pemasaran online yang tepat dan efektif. 

Search Engine Optimisation

Seorang digital marketing juga perlu tahu cara mengoptimalkan search engine atau SEO. Langkah ini digunakan untuk membuat situs web maupun konten bisa mudah ditemukan di mesin pencari. Ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan dalam SEO, mulai dari penggunaan kata kunci, struktur web, iklan berbayar, dan lainnya. Dengan meningkatkan lalu lintas di website, maka potensi penjualan pun semakin besar. 

Copywriting

Copywriting merupakan keterampilan dalam membuat tulisan menarik untuk penjualan atau pemasaran. Seorang digital marketer perlu menguasai ini untuk membuat audiens tertarik atau bisa terpengaruh untuk menyukai dan membeli produk yang dipromosikan. Skill ini membutuhkan kreativitas dan pemilihan bahasa yang tepat untuk menggaet hati audiens. 

Media Social Marketing

Media social marketing adalah cara mengelola serta mengoptimasi akun media sosial dan konten agar menarik audiens. Skill ini dibutuhkan untuk bisa menyusun strategi dalam menciptakan konten yang menarik, relevan, dan memiliki engagement yang tinggi. 

Email Marketing

Skill lainnya yang juga harus dikuasai dalam pemasaran online adalah email marketing. Seorang digital marketer juga harus pandai atau terampil dalam membuat promosi yang menarik melalui pesan email. Skill ini membutuhkan keterampilan dalam membuat tulisan email yang persuasif, manajemen data pengguna, dan analisis kampanye email. 

Paid Advertising

Dalam pemasaran online, pebisnis juga bisa menggunakan iklan berbayar untuk bisa menjangkau audiens secara lebih luas dan jitu. Seorang digital marketer dituntut untuk memahami metode paid advertising di beberapa platform, seperti Instagram Ads, Google AdWords, Facebook Ads, dan lainnya. Untuk bisa menjalankan iklan secara efektif, digital marketer harus bisa merencanakan budget iklan, target iklan, hingga pembuatan konten yang menarik. 

Web Development

Seorang digital marketer juga perlu menguasai web development untuk membuat website menarik, responsif, dan mudah diakses. Dalam skill ini dibutuhkan keterampilan dasar-dasar pengelolaan website, desain atau layout laman yang menarik, navigasi yang bersifat user friendly, hingga meningkatkan kecepatan akses website. 

Demikianlah beberapa skill digital marketing yang harus dikuasai untuk bersaing dunia bisnis online. Sejumlah keterampilan di atas akan sangat dibutuhkan baik saat ini maupun di masa depan untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif dan unggul dari kompetitor. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.