5 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Copywriter, Tidak Hanya Padai Merangkai Kata
Ilustrasi copywriter (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Copywriter menjadi profesi yang sedang banyak digemari karena sedang banyak dibutuhkan di era digital saat ini. Seorang copywriter bertugas menulis iklan atau teks untuk penjualan. Meski pekerjaannya terkesan mudah, namun ada beberapa skill yang harus dimiliki seorang copywriter.

Meningkatnya aktivitas berjualan online membuat pekerjaan copywriter semakin dicari untuk menunjang kesuksesan bisnis. Seorang copywriter dituntut untuk bisa menghasilkan teks atau copy yang persuasif untuk menarik target market. Lantas apa saja skill yang harus dimiliki seorang copywriter untuk bisa menghasilkan konten jualan yang efektif?

Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Copywriter

Seorang copywriter bisa mengerjakan berbagai jenis konten, seperti iklan di Google, Facebook Ads, IG Ads, tagline, caption media sosial, dan lainnya. Profesi copywriter juga terdiri dari beberapa jenis, di antaranya brand copywriter, marketing copywriter, social media copywriter, hingga SEO copywriter. 

Seorang copywriter tidak hanya terampil merangkai kata atau menulis kreatif, namun juga wajib menguasai sejumlah skill berikut ini:

Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif merupakan soft skill yang wajib dimiliki seorang copywriter. Kreativitas yang dimaksud adalah dalam mencari ide tulisan dan menyusun teks atau copy. Sebab tulisan atau teks yang dihasilkan seorang copywriter haruslah menarik untuk dibaca. 

Maka dari itu copywriter harus pintar memilih diksi, memainkan majas, dan membuat headline memikat, sehingga audiens bisa terhanyut untuk membeli produk. Dengan memiliki pemikiran kreatif, seorang copywriter dapat membuat copy untuk beragam jenis produk dan berbagai media yang digunakan berjualan. 

Pandai Berkomunikasi

Copywriter bertugas mengkomunikasikan pesan atau ajakan melalui kata-kata. Jadi seorang copywriter juga harus punya bekal pandai berkomunikasi. Teks atau copy iklan yang dibuat copywriter harus berupa bahasa efektif dan mudah dipahami oleh audiens. Skill berkomunikasi tidak hanya tersalurkan dalam bentuk tulisan, namun juga dibutuhkan sebagai draft naskah untuk konten-konten video. 

Selain itu, keterampilan berkomunikasi juga dibutuhkan seorang copywriter untuk bekerja sama dengan tim kreatif. Sebab dalam proses pembuatan konten, biasanya copywriter akan terhubung dengan desainer grafis, tim marketing, tim media sosial, tim R&D, content creator, hingga klien. Oleh karena itu, copywriter harus bisa berkomunikasi secara baik dan jelas untuk mengeksekusi jobdesk yang dibebankan. 

Memahami Perkembangan Tren

Skill lain yang harus dimiliki oleh copywriter adalah memahami perkembangan tren. Tren selalu berkembang seiring berjalannya waktu. Seorang copywriter dituntut untuk aktif mengikuti perkembangan tren. 

Dalam mengamati tren, seorang copywriter bisa melihat topik yang ramai dibahas di media sosial atau konten apa yang sedang digemari. Copywriter perlu membuat ide teks atau copy mengikuti hal yang sedang viral atau relevan, sehingga dapat menarik perhatian audiens. 

Jago Analitik atau Riset

Seorang copywriter juga harus jago dalam analitik atau melakukan riset. Selain mengamati gelombang tren, copywriter juga dituntut untuk memahami produk atau lini bisnis yang dikerjakan. Copywriter akan melakukan riset terkait produk atau jasa, industri bisnis yang digeluti, hingga kompetitor. Dari hasil riset yang dilakukan, copywriter bisa membuat teks atau copy yang tepat.

Cermat Mengenali Audiens

Skill lain yang harus dikuasai oleh audiens adalah kemampuan untuk mengenali dan memahami audiens. Teks atau copy yang dibuat oleh copywriter ditujukkan kepada audiens. Supaya konten bisa diterima dan menarik audiens maka copywriter perlu melihat apa yang audiens inginkan, mulai dari solusi yang ditawarkan dan gaya bahasa yang cocok bagi target market.

Demikianlah sejumlah skil yang harus dimiliki seorang copywriter untuk bisa bekerja secara profesional. Copywriting menjadi salah satu strategi penting dalam sebuah bisnis untuk bisa memperoleh omset maksimal. Profesi yang satu ini sedang diminati karena penghasilan yang diperoleh juga terhitung tinggi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.