Fresh Graduate Wajib Tahu, Ini Daftar Skill Pekerjaan yang Dicari Perusahaan Startup
Ilustrasi startup (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menjelang memasuki dunia kerja, fresh graduate harus memiliki berbagai skill pekerjaan yang dicari perusahaan startup. Skill tersebut membantu pencari kerja segera dipekerjakan oleh startup incaran.

Seperti diketahui, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan kandidat pekerja dengan skill yang sesuai dengan bidangnya. Hal itu dibutuhkan demi menunjang produktivitas perusahaan, terlebih startup yang dituntut untuk terus berkembang secara maksimal. Oleh karenanya wajar jika perusahaan secara langsung mencari kandidat dengan suatu keterampilan secara spesifik.

Skill Pekerjaan yang Dicari Perusahaan

Secara umum, skill adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang pencari kerja sebagai salah satu daya tawar yang diajukan ke perusahaan yang ingin mempekerjakannya.

Sedangkan startup adalah sebutan untuk perusahaan rintisan yang umur operasionalnya belum lama. Perusahaan rintisan ini tergolong baru dan masih dalam tahap pengembangan di berbagai aspek khususnya yang berkaitan dengan pasar. Startup juga dikaitkan dengan teknologi karena perusahaan tersebut memanfaatkan teknologi untuk mencapai tujuannya.

Perusahaan startup sering membuka lowongan pekerjaan untuk pencari kerja yang memiliki skill tertentu secara mendalam. Bahkan perusahaan berani menggaji mahal pekerja yang punya skill tertentu. Hal ini memicu para pencari kerja untuk mempelajari berbagai skill yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan startup. Beberapa skill yang dibutuhkan adalah sebagai berikut, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Web Development

Web development adalah kemampuan pengembangan website. Keterampilan ini mulai banyak dicari oleh startup khususnya setelah pandemi COVID-19. Saat ini banyak startup yang memulai bisnis mereka lewat website. Di sisi lain, keterampilan ini belum begitu populer di Indonesia.

Pencari kerja disarankan untuk memiliki skill web development termasuk menguasai koding, pemrograman, hingga CSS dan HTML.

  1. Digital Marketing

Secara umum digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan secara digital. Keterampilan ini banyak dibutuhkan karena semua perusahaan startup pasti membutuhkan seorang digital marketing. Skill ini memang belum banyak dimiliki oleh pencari kerja mengingat tidak semua orang ingin menjadi seorang marketing.

Keterampilan yang berkaitan dengan digital marketing juga beragam, termasuk membaca trend, komunikasi, product knowledge, dan masih banyak lagi.

  1. Communication

Kemampuan ini tergolong soft skill yang banyak dibutuhkan tidak hanya startup namun perusahaan konvensional. Komunikasi yang baik dan efektif membantu pekerja mengemukakan ide, menyampaikan pendapat, dan masih banyak lagi.

Kemampuan komunikasi yang dibutuhkan tidak hanya mencakup lisan namun tulisan. Keterampilan ini membantu membangun relasi, menjaga klien, bahkan membantu memecahkan masalah.

  1. Kepemimpinan

Kemampuan untuk memimpin biasanya didapat dari pengalaman berorganisasi. Meski terdengar mudah, tidak semua orang bisa memimpin banyak pekerja dalam satu cakupan. Pemimpin yang baik tidak hanya membantu perusahaan berjalan ke arah yang tepat, namun mencegah perpecahan yang berpotensi menghancurkan perusahaan dari dalam.

  1. Data Analysis

Perusahaan startup membutuhkan seorang data analysis untuk menjalankan bisnisnya. Seorang data analysis bertugas untuk mengumpulkan data, menyaring, menganalisis, hingga mencari sebuah pola sebagai bagian dari kesimpulan. Saat ini keterampilan ini masih cukup jarang dimiliki oleh pencari kerja. Pekerja yang memiliki kemampuan ini kemungkinan besar akan diterima di perusahaan startup.

Itulah informasi terkait skill pekerjaan yang dicari perusahaan. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.