Tugas Chief Marketing Officer (CMO) Lengkap dengan Pengertian, Bedanya dengan CEO, hingga Kualifikasinya
Ilustrasi Chief Marketing Officer (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bisnis, salah satu jabatan yang perannya cukup penting adalah Chief Marketing Officer (CMO). Chief Marketing Officer akan berurusan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan marketing.

Akan tetapi tugas CMO tidak sesederhana itu. Artikel berikut ini akan mencoba menjelaskan pengertian, tugas, hingga kualifikasi yang dibutuhkan.

Pengertian dan Tugas Chief Marketing Officer

Seperti yang diketahui, di sebuah perusahaan terdapat jabatan yang disebut eksekutif. Orang dengan jabatan tersebut duduk di jajaran direksi yang bertugas untuk mengatur jalannya perusahaan. Jajaran direksi paling atas disebut dengan direktur utama atau bisa sebutan dengan Chief Executive Officer (CEO). Ia bertugas untuk memimpin perusahaan dengan dibantu oleh jajaran lain yang menjadi bawahannya, salah satunya adalah Chief Marketing Officer atau CMO.

Secara umum Chief Marketing Officer atau CMO adalah posisi eksekutif yang masuk sebagai pimpinan perusahaan dengan membidangi urusan marketing atau pemasaran. Akan tetapi CMO juga berurusan dengan pengembangan bisnis termasuk memberikan inovasi perusahaan.

Peran seorang Chief Marketing Officer adalah membantu perusahaan untuk mencapai keuntungan sesuai dengan visi-misi yang telah ditetapkan. CMO juga berperan untuk menjembatani arah perusahaan dan langkah apa yang akan dilakukan. Secara garis besar berikut ini tugas Chief Marketing Officer.

  1. Memimpin Devisi Pemasaran

CMO bertugas untuk memimpin devisi marketing perusahaan yang telah disesuaikan dengan arah kebijakan direksi. CMO harus tahu visi-misi perusahaan kemudian menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai keuntungan.

  1. Membuat Strategi Pemasaran

Dalam kegiatan pemasaran, CMO harus bisa menyusun strategi marketing sesuai dengan anggaran dan produk perusahaan. Realisasi strategi sendiri bisa didukung dengan berbagai upaya misalnya lewat iklan.

  1. Pengembangan Produk

Biasanya CMO juga ikut membantu perusahaan mengembangkan produk. Bahkan tak jarang inovasi produk muncul dari ide CMO. Pengembangan produk harus didasarkan pada turunan produk utama perusahaan.

  1. Riset Pasar dan Analisis Marketing

Dalam rangka memenuhi tugasnya di devisi pemasaran, CMO harus bisa melakukan riset pasar serta menganalisis kegiatan marketing. Dua pekerjaan ini dilakukan untuk mendukung upaya pemasaran agar lebih efektif dan tepat sasaran.

  1. Menjembatani Eksekutif dengan Tim Pemasaran

Tim pemasaran dalam melaksanakan tugasnya harus berdasarkan arahan jajaran eksekutif. Keduanya akan dijembatani oleh seorang CMO. Karena itu CMO harus punya skill komunikasi dan presentasi yang baik.

Kualifikasi dan Skill Chief Marketing Officer

Seorang Chief Marketing Officer harus memenuhi kualifikasi serta memiliki berbagai skill untuk melaksanakan tugasnya. Kualifikasi dan skill yang dibutuhkan oleh CMO adalah sebagai berikut.

  1. Mampu Menciptakan Strategi Marketing

Seorang CMO harus bisa menciptakan berbagai strategi marketing baik online maupun offline. Tidak sampai situ, ia juga harus bisa melaksanakan strategi marketing yang sudah ditetapkan dengan bantuan anggota pemasaran lainnya.

  1. Menganalisa Data

Skill analisa data yang dimiliki oleh CMO akan memudahkan ia melaksanakan tugasnya sehingga tujuan dapat terpenuhi. Data yang dibutuhkan dan harus dianalisa oleh CMO pun beragam, mulai dari data pasar atau data yang didapat dari hasil riset lain.

  1. Komunikasi

CMO juga harus bisa berkomunikasi dengan baik. Hal ini dibutuhkan mengingat CMO bertugas sebagai jembatan antara jajaran eksekuti dengan tim pemasaran yang ia pimpin. Kemampuan komunikasi sendiri akan memudahkan ia memaparkan kebutuhan dan hasil strategi marketing yang sudah diterapkan.

Tidak hanya berkomunikasi dengan jajaran direksi, CMO juga harus bisa berkomunikasi dengan klien dalam beberapa kondisi. Skill ini jadi salah satu tugas petugas pemasaran kredit CMO.

  1. Menguasai Teknologi

Saat ini keterlibatan teknologi dalam bisnis tidak terbantahkan. CMO juga harus menguasai teknologi yang ada terutama yang berguna untuk kegiatan pemasaran, misalnya terkait digital marketing baik pada media sosial maupun website.

Selain pengertian dan tugasnya, CMO disarankan untuk mengetahui apa itu direct marketing.

Itulah informasi terkait tugas Chief Marketing Officer. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Terkait