Inilah Hari dan Jam FYP TikTok 2023: Waktu Terbaik untuk Unggah Konten Agar Banjir <i>Viewers</i>
Ilustrasi TikTok (foto: dok. pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – FYP atau For Your Page adalah halaman utama pada aplikasi TikTok yang berisi konten viral atau memiliki jumlah penonton, love, dan komentar terbanyak. Pengguna TikTok yang ingin kontennya masuk FYP, perlu mengetahui hari dan jam FYP TikTok 2023

Dengan mengunggah konten di hari dan jam FYP TikTok, konten yang dipublisikan akan mendapatkan keterlibatan atau engagement yang lebih baik.

Apa Itu FYP TikTok

Menurut Neil Patel, master SEO kenamaan dunia, FYP TikTok merupakan halaman pertama yang Anda buka saat membuka aplikasi TikTok. FYP sebagai feed video dikurasi dari berbagai kreator yang mungkin tidak diikuti pengguna, tetapi algoritma TikTok berpikir bahwa pengguna akan menyukainya berdasarkan minat dan interaksi pengguna sebelumnya dengan suatu konten.

Ditambahkan Neil Patel, ada sejumlah faktor yang berkontribusi pada koten yag dilihat pengguna di FYP TikTok, di antaranya:

  • Informasi dari video, misalnya caption (keterangan) dan hashtags (tagar).
  • Pengaturan perangkat, seperti preferensi bahasa, pengaturan negara, dan jenis perangkat yang digunakan.
  • Jenis konten yang dibagikan, disukai, diikuti, dikomentari, dan dibuat.

Selain memperhatikan ketiga faktor di atas, pengguna TikTok juga perlu mengunggah konten pada hari dan jam FYP TikTok.

Menyadur Dexerto, algoritma TikTok bekerja dengan mendorong video untuk mendapatkan lebih banyak penonton dan keterlibatan audiens. Dengan demikian, video perlu diunggah pada waktu di mana orang-orang aktif menggunakan aplikasi.

Hari dan Jam FYP TikTok

Bagi Anda yang ingin meningkatkan jumlah viewers di TikTok, perhatikan hari dan jam FYP TikTok berikut ini:

  • Senin: Pukul 12.00 - 13.00 dan 21.00 - 22.00
  • Selasa: Pukul 15.00 - 16.00 dan 19.00 21.00
  • Rabu : Pukul 11.00 - 12.00 dan 20.00 - 21.00
  • Kamis: Pukul 12.00, 16.00, 19.00, dan 21.00
  • Jumat: Pukul 11.00 - 12.00 dan 19.00 - 22.00
  • Sabtu: Pukul 09.00 - 11.00 dan 19.00 - 21.00
  • Minggu: Pukul 07.00 - 11.00 dan 16.00 - 21.00

FYP untuk Konten Politik

Sebagai informasi, sebagian konten video yang diunggah di TikTok menampilkan peristiwa terbaru dalam isu-isu pemilu dan politik.

Nah, untuk membuat konten politik bisa masuk FYP di TikTok, Anda perlu mengikuti panduan berikut ini:

  • Buat konten yang dapat memancing interaksi: Konten politik yang dibuat harus bisa menarik minat pengguna TikTok lain untuk memberi like, comment, share, atau melakukan stitch dan duet video. Misalnya, membuat video berisi konten politik yang lucu, unik, dan membuat penasaran. Konten-konten seperti itu sangat digemari pengguna TikTok sehingga berpeluang menarik interaksi dengan pengguna lain.
  • Ikut challenge dan tren yang sedang viral: Tips FYP untuk konten politik yang berikutnya adalah mengikuti challenge dan membuat konten sesuai tren yang sedang viral. Langkah ini dapat meningkatkan traffic lebih cepat dari biasanya sehingga potensi untuk dilihat atau bahkan diikuti menjadi lebih besar.
  • Kolaborasi: Salah satu cara yang bisa dilakukan agar konten politik Anda masuk FYP TikTok adalah berkolaborasi dengan creator yang sudah terkenal dan memiliki banyak pengikut. Dengan cara tersebut, potensi konten buatan Anda lebih di kenal dan masuk ke dalam FYP akan menjadi lebih besar.
  • Unggah konten di jam prime time: Cara ini sangat efektif sebab video yang diunggah akan lebih cepat dilihat oleh orang lain. Adapun prime time pada TikTok dalam sehari dibagi ke dalam tiga kategori waktu, yakni siang hari pada pukul 12.00-13.00 WIB, sore hari pukul 16.00-17.00 WIB, dan malam hari pukul 19.00-23.00 WIB.
  • Buat caption yang menarik: Tips FYP untuk konten politik yang berikutnya adalah membuat caption yang menarik pada setiap konten yang diunggah. Saat membuat caption, usahakan menuliskan beberapa kata yang dapat menggambarkan isi video secara keseluruhan tanpa memberikan bocoran atau spoiler. Sertakan juga tagar yang sesuai dengan konten dan tren yang sedang popular serta dicari oleh pengguna lain.
  • Gunakan backsound yang sedang popular: Backsound atau latar suara pada video TikTok punya pengaruh terhadap jumlah penonton video. Oleh sebab itu, gunakanlah backsound yang sedang popular dan banyak digunakan agar konten politik Anda direkomendasikan kepada para pengguna yang sebelumnya pernah menonton video dengan backsound yang sama.

Demikian informasi tentang hari dan jam FYP TikTok. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.