Cara Menghitung Engagement Rate Instagram
Ilustrasi Engagement Rate Instagram (foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menghitung engagement rate Instagram sangat diperlukan untuk mengukur seberapa besar kesuksesan konten yang diunggah, baik di Instagram maupun di media sosial lain. Keberhasilan ini tidak hanya berkaitan dengan efektivitas konten, namun berdampak pula pada brand yang terwakilkan dalam konten.

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram

Secara umum engagement rate adalah metrik yang dipakai untuk mengetahui seberapa baik performa konten yang diunggah di media sosial baik Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, YouTube, dan sebagainya.

Metrik ini kerap dipakai untuk mencari tahu seberapa besar audiens terlibat dalam suatu unggahan. Selain itu engagement rate juga dipakai sebagai alat ukur seberapa besar brand awareness masyarakat terhadap suatu produk.

Menghitung engagement rate Instagram sangat penting karena Anda dapat mengetahui seberapa besar interaksi audiens terhadap semua konten yang diposting, baik berdasarkan waktu atau platform. Engagement rate bisa diukur dengan mempertimbangkan seluruh interaksi di Instagram baik berupa jumlah likes, comment, dan shares.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghitung engagement rate khususnya di Instagram. Secara umum rumus engagement rate yang bisa dipakai adalah sebagai berikut.

Engagement Rate = (rata-rata comments + rata-rata likes + rata-rata share) : jumlah followers x 100%

Namun untuk mendapatkan engagement rate secara terperinci, Anda bisa menggunakan rumus berikut ini yang didasarkan pada indikator tertentu.

  1. Engagement Rate Berdasar pada Reach

Dalam dunia media sosial, reach adalah jangkauan. Reach berisi tabel angka yang memperlihatkan seberapa besar audiens melihat konten, atau seberapa besar konten meraih audiens. Rumus engagement rate yang didasarkan pada Reach bisa dicari dengan rumus berikut ini

Engagement Rate= total engagements per post : reach per post x 100

  1. Engagement Rate berdasar pada Post

Cara ini cocok diterapkan pada akun medsos yang jumlah reach pos-nya fluktuatif. Cara mengukur engagement rate based on post bisa menggunakan rumus berikut ini.

Engagement Rate = total engagements on a post : total followers x 100

  1. Engagement Rate Berdasar pada Impression

Dalam dunia media sosial, impression berkaitan dengan seberapa sering konten Anda dilihat audiens di beranda media sosial mereka. Rumus yang bisa digunakan adalah sebagai berikut.

Engagement Rate = total engagements on a post : total impressions x 100

  1. Engagement Rate Harian

Rumus ini digunakan saat Anda ingin mengetahui engagement rate secara harian sehingga hasilnya lebih rinci dan lingkupnya lebih kecil. Rumusnya adalah sebagai berikut.

Engagement Rate = total engagements in a day : total followers x 100

  1. Engagement Rate Berdasar pada Views

Cara ini biasanya digunakan pada unggahan berupa video. Biasanya viewer berasal dari akun baru yang belum pernah berinteraksi dengan Anda. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut.

Engagement Rate = total engagements in a day : total followers x 100

Itulah informasi terkat cara menghitung engagement rate Instagram. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan berita terbaru.