6 Cara Pakai Hastag Instagram untuk Pemasaran yang Jarang Dilakukan
Ilustrasi postingan Instagram (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pemakaian hastag di Instagram (IG) sering dilakukan untuk meningkatkan jumlah engagement atau interaksi, baik pada postingan atau pada akun media sosial secara keseluruhan. Meski kerap dilakukan, tak semua pelaku bisnis tahu cara pakai hastag Instagram untuk pemasaran.

Pemakaian hastag memang kerap dianggap remeh. Padahal pemakaian yang kurang tepat justru akan membuat postingan jadi salah sasaran. Lalu, bagaimana cara pemakaian hastag di IG?

Cara Pakai Hastag Instagram untuk Pemasaran

Harus diketahui, hastag adalah kata atau frasa yang ditulis secara sambung diawali dengan tanda tagar (#). Fungsi hastag adalah untuk memudahkan pengguna IG mencari topik atau memudahkan mereka menemukan postingan yang relevan dengan hastag tersebut. Agar pemakaiannya optimal, begini cara memakainya.

  1. Buat Hastag yang Relevan

Hastag yang digunakan harus relevan dengan postingan. Misal, gunakan #buku untuk postingan buku. Disarankan untuk menghindari hastag yang tak relevan, misal menggunakan #sapi pada postingan sepatu.

  1. Buat Sesuai Branding

Hastag juga berguna untuk melakukan pencarian di Instagram. Jika bisnis Anda memiliki jargon, maka pemakaian hastag bisa digunakan sesuai dengan jargon Anda. Misal, media sosial perusahaan makanan menggunakan hastag pada jargon #makananenakdanmurah.

  1. Spesifik

Sangat disarankan untuk menggunakan hastag secara spesifik pada postingan. Misal, gunakan hastag yang disesuaikan dengan nama makanan spesifik dibanding hastag makanan secara umum.

  1. Penempatan Hastag

Penempatan hastag di Instagram bisa dilakukan di feed, reels, atau di story. Di postingan feed, Anda bisa menggunakan hastag di keterangan postingan atau di kolom komentar.

  1. Usahakan Lebih Variatif

Anda bisa menyertakan lebih dari 1 hastag pada 1 postingan, namun hastag tetap harus relevan. Pemakaian hastag yang variatif akan memudahkan pengguna lain menemukan postingan Anda.

  1. Ikuti Trend

Trend juga berpengaruh pada besar atau kecilnya engagement postingan atau medsos. Untuk meningkatkan engagement, Anda bisa menambahkan hastag sesuai trend yang sedang terjadi.

Itulah beberapa cara pakai hastag Instagram untuk pemasaran. Kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.