Olahan Daging Sapi Itu Berbahaya! Baca Ini Sebelum Terlambat
Olahan Daging Sapi (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kalau ditanya soal apa itu olahan daging sapi atau (processed beef) tentunya hal ini tidak ada definisi yang jelas, ini lebih merupakan deskripsi tetapi jika Anda mengasapinya, mengasinkannya, mengawetkannya, atau menambahkan pengawet ke dalamnya, itu mungkin sudah bisa disebut dengan processed beef. Țapi tahukah anda kalau makanan olağan itu berbahaya bagi anda?

Pasalnya, Orang yang makan banyak jenis daging ini lebih mungkin terkena penyakit jantung, diabetes, dan bahkan jenis kanker tertentu, berkat semua garam, lemak, dan pengawet kimia.

Apa Itu Olahan Daging Sapi?

Contoh Processed beef yang berbahaya bagi kesehatan (Unsplash)
Contoh Processed beef yang berbahaya bagi kesehatan (Unsplash)

Secara teknis, daging olahan adalah daging sapi dan hewan ternak pedaging lainnya yang diawetkan melalui penggaraman atau pengawetan. Istilah ini juga mencakup daging kalengan, asap, atau kering, atau yang ditambahkan bahan pengawet seperti nugget ayam, hot dog, patty hamburger, atau potongan dingin seperti bologna.

Setiap produk daging olahan dimulai dengan hewan yang disembelih untuk dimakan, seringkali dalam kondisi yang tidak manusiawi. Tetapi kerusakan akibat daging olahan jauh melampaui hewan itu sendiri.

Meski terdengar aneh, daging olahan memiliki banyak kesamaan dengan rokok. Selama sebagian besar abad ke-20, perusahaan tembakau bekerja keras meyakinkan orang untuk merokok yang mereka tahu berbahaya bagi kesehatan manusia. Kombinasi antara tekanan publik, penyelidikan ilmiah, dan kebijakan pemerintah akhirnya membendung aliran propaganda industri dan membantu masyarakat memahami risiko nyata yang terkait dengan merokok. Sekarang, kita membutuhkan revolusi lain.

Perusahaan yang membuat daging olahan seperti bacon, dendeng, dan nugget ayam bertanggungjawab untuk menutupi banyak kondisi kesehatan yang berbahaya, dan seringkali mematikan, yang disebabkan oleh makanan ini. Konsumsi daging olahan secara teratur sangat buruk bagi tubuh manusia sehingga Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan untuk tidak mengkonsumsi produk ini. Namun perusahaan daging terus menyembunyikan kebenaran daging olahan, mulai dari sifat penyebab kanker hingga kekejaman yang dialami hewan selama proses produksi makanan.

Apa saja daging olahan?

Beberapa daging olahan, seperti hot dog dan spam, telah menjadi bagian dari diet Amerika selama beberapa dekade. Bentuk pengolahan daging lainnya, seperti bacon atau ham yang diawetkan, telah ada lebih lama, ditemukan karena kebutuhan sebelum pendinginan. Kekejaman terhadap hewan di balik produksi daging olahan memilukan, begitu pula implikasi negatif konsumsi daging olahan terhadap kesehatan manusia.

Produk makanan yang dikategorikan sebagai daging olahan antara lain:

  • Sosis, hot dog, salami.
  • Ham, bacon yang diawetkan.
  • Daging asin dan diawetkan, daging kornet.
  • Daging asap.
  • Daging kering, dendeng sapi.
  • Daging kalengan.

Mengapa daging olahan buruk bagi Anda?

Dalam hal makan daging olahan, biayanya jauh lebih besar daripada manfaatnya. Peternakan pabrik terkenal kejam terhadap hewan, dan ternak, babi, ayam, yang dipelihara untuk daging olahan bertahan hidup singkat di bawah kondisi yang sangat tidak manusiawi. Bahkan jika implikasi kesejahteraan hewan tidak diperhitungkan (meskipun seharusnya tidak demikian), berikut adalah beberapa alasan mengapa daging olahan tidak baik untuk Anda:

  • Konsumsi daging olahan telah dikaitkan dengan kematian dini
  • Satu studi menemukan bahwa makan sembilan gram bacon per hari dapat sangat meningkatkan risiko kanker payudara
  • Daging asin dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung
  • Daging olahan dapat menyebabkan kanker usus dan perut.

Pada akhirnya, mengkonsumsi daging olahan tidak sebanding dengan biaya hewan atau kesehatan Anda.

Alternatif pengganti olahan daging sapi

Dulu tahu adalah satu-satunya pengganti daging yang dapat Anda andalkan untuk dilihat di restoran atau di toko bahan makanan. Serbaguna dan sehat seperti tahu, inovasi luar biasa telah menciptakan pilihan yang sangat mirip dengan daging olahan. Daging nabati seperti ini dapat membantu memuaskan hasrat sambil menghilangkan kekejaman terhadap hewan.

  • Lightlife membuat bacon vegan yang bisa Anda panggang dengan nyaman di rumah Anda
  • Beyond Meat membuat sosis dan hamburger yang rasanya identik dengan aslinya, menggunakan protein kacang polong dan bahan nabati lainnya
  • Louisville Vegan Jerky Co. membuat dendeng vegan dalam berbagai rasa
  • Good Catch membuat fillet ikan vegan, kue kepiting, dan tuna
  • Quorn membuat roti hamburger dan produk lainnya menggunakan jamur untuk tekstur daging yang asli

Salah satu dari opsi ini menawarkan solusi yang lebih baik untuk daging olahan, memberikan rasa yang kuat dan sehat di piring Anda sambil meninggalkan penderitaan dan kekejaman dari menu.

Jadi setelah mengetahui olahan daging sapi itu berbahaya bagi kesehatan, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!