Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian masyarakat di Indonesia mempercayai bahwa ayam cemani punya posisi yang spesial dalam dunia supranatural. Kepercayaan itu didukung dengan wujud ayam yang didominasi warna hitam dari ujung kepala hingga ujung kakinya. Mitos ayam cemani yang berkembang di masyarkat pun cukup beragam.

Legenda Ayam Cemani

Legenda tentang asal-usul ayam cemani dipercaya oleh sebagian masyarakat di Jawa Tengah. Konon ayam ini awalnya merupakan hewan peliharaan petapa sakti yang bernama Ki Ageng Makukuhan. Petapa ini juga punya kaitan dengan legenda asal-usul Kota Temanggung.

Suatu ketika, Ki Ageng Makukuhan sedang bertapa di sebuah kuburan keramat. Ia kemudian mendapat wangsit agar membantu mengobati penyakit putra dari Panembahan Hargo Pikukkuh bernama Lintang Katon. Pengobatan hanya bisa dilakukan dengan ayam peliharaannya itu.

Dilakukanlah wangsit yang didapat oleh Ki Ageng Makukuhan dan ajaibnya penyakit itu berhasil sembuh. Akhirnya hewan peliharaan sang petama mendapat pujian dari masyarakat.

Penamaan cemani pada nama ayam tersebut diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya hitam legam. Ayam tersebut kemudian dibawa oleh Ki Ageng ke berbagai tempat. Dari tempat-tempat yang disinggahi Ki Ageng-lah yang membuat ayam cemani punya banyak mitos.

Mitos Ayam Cemani

Dalam dunia tradisi dan supranatural, ayam cemani punya beberapa manfaat khususnya bagi orang tertentu. Berikut ini guna ayam ceman dalam ilmu kebatinan.

  1. Menolak Kesialan

Konon katanya, ayam cemani kerap dimanfaatkan untuk menolak kesialan yang menimpa seseorang. Hal itu bisa terjadi karena ayam itu disebut memiliki energi negatif yang jika bertemu dengan energi negatif lain akan menetralisir sekaligus mengubahnya jadi energi positif.

  1. Pengantar Santet

Ayam cemani juga konon kerap dijadikan sebagai media pengantar santet. Tak ada penjelasan ilmiah terkait hal ini namun ada yang bilang bahwa santet sebenarnya dibawa oleh jin. Mereka hanya mau disuruh dengan upah ayam cemani hidup.

  1. Penangkal Santet

Jin tidak hanya bisa disuruh untuk mengantarkan santet, mereka juga bisa diperintah untuk menangkal santet dan semacamnya. Tentu saja ini berkaitan dengan upah bangsa jin yakni berupa darah ayam cemani.

  1. Punya Kekuatan Spesial

Banyak orang percaya bahwa beberapa ayam cemani mampu memancarkan kekuatan spesial yang jika diolah oleh manusia dapat memberikan kesaktian. Ciri ayam cemani berkakuatan gaib adalah titik cahaya kuning yang terpancar dari matanya ketika malam hari.

  1. Mendatangkan Kesaktian

Mitos ini masih berhubungan dengan kepercayaan bahwa ayam cemani memiliki kekuatan gaib. Kekuatan ayam hitam ini bisa berpindah ke seseorang melalui berbagai ritual kepercayaan, misalnya dengan makan ayam cemani hidup-hidup dan dibarengi dengan ritual gaib lainnya.

Mitos ayam cemani sampai saat ini dipercaya oleh masyarakat dan menjadi bagian dari kekayaan budaya. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.id.