Bagikan:

JAKARTA - Di era digital saat ini, media sosial seolah telah menjadi salah satu kebutuhan bagi setiap orang. Eksistensi media sosial di masyarakat terus meningkat setiap tahunnya.

Banyak masyarakat yang menggunakan media sosial untuk berbagai kebutuhan lain selain bersosialisasi dan berkomunikasi, di antaranya adalah untuk mencari informasi, berbisnis, promosi, edukasi dan masih banyak lagi.

Menurut laporan We Are Social, total pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 167 juta orang pada Januari 2023. Angka tersebut setara dengan 60,4 persen dari populasi yang ada di Indonesia.

Semakin berkembangnya dunia digital tersebut, dimanfaatkan oleh para ibu-ibu untuk memperoleh penghasilan sekaligus memberikan edukasi melalui media sosial, yakni dengan menjadi momfluencer.

Momfluencer merupakan para ibu yang menggunakan platform media sosial untuk membuat konten-konten terkait pengalaman mereka, ide-ide, tips-tips, review sesuatu, rekomendasi produk, resep memasak, hingga edukasi mengenai metode parenting.

Namun, bagaimana seorang momfluencer bisa menggaet banyak pengikut dan view konten meski sibuk mengurus rumah? Berikut tipsnya dari Nurfatma Sari.

Salah satu momfluencer sukses asal Bukittinggi Sumatera Barat yakni Nurfatma Sari atau yang lebih dikenal dengan Ayie, telah berhasil mendapatkan 200 ribu pengikut di akun Instagramnya @ayiee02_ dan 100 ribu pengikut di akun TikTok nya @ayiee02__.

Pencapaian tersebut tentu bukan sesuatu yang gampang karena seorang ibu tentunya akan sibuk mengurus rumah, termasuk Ayie.

Dari pernikahannya dengan Dili Apriyanto, Ayie dikaruniai seorang anak perempuan bernama Arshyla Queenara Nafeeza yang ia urus sendiri tanpa bantuan pengasuh.

Menjadi lulusan perawat, Ayie mulai menjadi momfluencer sejak tahun 2014 dan meniti karirnya dari followers sedikit. Ia biasa membagikan konten-konten bersama anak, bersama keluarga, konten memasak, dan konten konten tentang kecantikan.

Menurutnya, seorang momfluencer harus membangun personal branding terlebih dahulu.

"Untuk menjadi momfluencer sukses, bangun personal branding. Buat konsep yang matang dan terstruktur, yang menjadi ciri khas diri kita sendiri agar konten kita menjadi berkualitas dan punya ciri khas, selain itu kita juga perlu menentukan target market konten kita, dan yang paling penting adalah interaksi dengan audiens," kata Ayie.

"Interaksi dengan followers bisa membuat akun sosial media yang kita miliki mempunyai engagement rate yang tinggi cara paling mudah adalah membalas komentar followers di akun media sosial kita," ambungnya.

Di samping itu, Ayie juga menekankan bahwa kesibukan mengurus rumah tangga yang padat dibarengi dengan berkarya membuat konten, tentunya memerlukan jadwal aktivitas dan time management agar tanggung jawab dan pekerjaan bisa dikendalikan dan dikerjakan secara maksimal serta efisien.

Beberapa tips dari Ayie untuk mengatur waktu dan urusan di rumah yakni sebagai berikut :

Food Preparation Week Plan

Selain untuk mempermudah dalam menentukan makanan untuk keluarga, plan ini juga berguna untuk mengatur keuangan agar lebih terencana.

Cleaning Schedule

Menjaga kebersihan rumah juga perlu meskipun sibuk dalam pekerjaan. Rumah yang bersih tentu akan meminimalisir adanya penyakit.

Influencer Daily to do List

Membuat konten mengedit video memerlukan waktu khusus dan juga butuh ide yang bisa didapatkan dimana saja dan kapan saja, jadi perlu dibuatkan jadwal.

Me Time atau Waktu untuk Diri Sendiri

Dengan mengatur waktu khusus untuk me time, tidak ada lagi alasan untuk terlalu sibuk mengurus keluarga dan rumah sehingga tidak ada waktu me time.

Membahas hal lain, ketika ditanya soal apa pengalaman menjadi momfluencer yang paling berkesan menurut Ayie, adalah ketika kita dihargai tidak hanya dari rate card yang diajukan saja, tetapi dari konten yang sudah dia tampilkan menjadi disukai oleh banyak orang dan juga brand itu sendiri.

"Dan waktu itu pernah ikut campaign salah satu diapers ternama di Indonesia dimana video yang kita buat itu akan diperlombakan. Alhamdulillah video kami menjadi salah satu pemenang utama yang memenangkan hadiah uang tunai 20 juta rupiah," lanjutnya.

Ayie juga kerap kali berkolaborasi dengan brand brand ternama, dan saat ini ia menjadi brand ambassador brand elektronik ternama di Indonesia.

"Saya berharap dapat terus berkarya dalam setiap kesibukan saya, menghasilkan konten-konten yang dapat menjadi inspirasi dan edukasi bagi seluruh penikmat media sosial. Lalu dari pekerjaan saya sebagai content creator saya juga bisa membantu kebutuhan keluarga saya dari segi finansial," tutup Ayie.