8 Tips Aman Bermain Kembang Api dengan Anak saat Malam Tahun Baru
tips aman bermain kembang api dengan anak (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Malam tahun baru bisa dirayakan dengan cara sederhana seperti menyalakan kembang api sendiri di rumah. Tanpa harus pergi keluar atau ke tempat ramai, Anda bisa mengajak pasangan dan anak untuk pesta kembang api di rumah. Namun Anda perlu tahu tips aman bermain kembang api dengan anak. 

Banyak orang lebih memilih menghabiskan malam tahun baru di rumah, dibanding harus merasakan kemacetan dan berada di tempat yang terlalu ramai. Menyalakan kembang api di rumah bisa jadi pilihan kegiatan quality time bersama keluarga. Selain hemat pengeluaran, kegiatan sederhana ini juga dapat meningkatkan kedekatan bersama keluarga.

Orang tua bisa mengajak anak menyalakan kembang api di halaman rumah. Namun orang tua wajib tahu tips aman bermain kembang api dengan anak saat malam tahun baru. 

Tips Aman Bermain Kembang Api dengan Anak

Anak-anak memang biasanya senang bermain kembang api. Tak jarang anak ingin menyalakan kembang api sendiri dan merengek minta kembang api dalam jumlah banyak. Jika Anda ingin menikmati momen tahun baru di rumah, ketahui tips aman bermain kembang api bersama anak berikut ini:

Nyalakan Kembang Api di Luar Rumah

Aturan pertama yang perlu diterapkan saat bermain kembang api dengan anak di rumah adalah menyalakannya di tempat terbuka. Jangan menyalakan kembang api di tempat tertutup seperti di dalam rumah atau di kamar. 

Anda bisa mengajak anak bermain kembang api di halaman rumah. Dengan menyalakan kembang api di tempat terbuka maka bisa menghindari berbagai risiko seperti kebakaran. Selain itu, pastikan juga untuk menjauhkan kembang api dari sesuatu yang mudah terbakar. 

Selalu Dampingi Anak

Saat merayakan tahun baru di rumah dengan menyalakan kembang api bersama keluarga, pastikan untuk selalu mendampingi anak. Orang tua harus selalu mengawasi pergerakan anak dan jangan biarkan mereka bermain kembang api sendiri. Apalagi jika kembang apinya memunculkan ledakan atau nyala yang besar dan cukup berbahaya bagi anak-anak. 

Baca Aturan Pakai Sebelum Menyalakan

Sebelum menyalakan kembang api, baca terlebih dahulu aturan pakainya. Kembang api buatan pabrikan biasanya menyertakan aturan pakai di kemasannya. Anda perlu membacanya untuk mengetahui cara aman menyalakan kembang api agar terhindar dari kesalahan penggunaan. 

Siapkan Air atau Alat Pemadam

Untuk berjaga-jaga dari risiko bahaya saat menyalakan kembang api, sebaiknya Anda menyiapkan air atau alat pemadam. Hal ini sangat berguna apabila terjadi hal tidak diinginkan seperti ada benda yang terbakar akibat kembang api. Jadi jika hal itu terjadi maka Anda bisa segera memadamkannya. 

Siapkan Obat Luka Bakar

Persiapan obat luka bakar juga perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan saat bermain kembang api bersama anak. Apabila kembang api sampai mengenai kulit atau tubuh maka bisa menimbulkan luka bakar. Jika kondisi ini terjadi maka Anda perlu segera melakukan penanganan dengan memberi obat luka bakar.

Perhatikan Jarak Aman Menyalakan Kembang Api

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan saat bermain kembang api bersama anak adalah jarak amannya. Anda perlu mengatur jarak aman menyalakan kembang api untuk menghindari risiko berbahaya yang mungkin bisa menimpa. Jika kembang api yang dinyalakan menciptakan ledakan atau nyala besar, maka anak-anak harus berada agak jauh.

Jangan Arahkan Kembang Api ke Orang Lain

Saat bermain kembang api di rumah, jangan arahkan ke orang lain. Jangan sekali-kali bercanda dengan melempar atau mengarahkan kembang api ke orang lain karena hal ini bisa menyebabkan risiko berbahaya seperti terbakar atau terluka. Tetap arahkan kembang api ke atas atau ke udara agar aman.

Bersihkan Sisa atau Sampah Kembang Api

Setelah selesai bermain kembang api, usahakan untuk menjaga kebersihan. Anda perlu membersihkan sisa atau sampah kembang api yang sudah dinyalakan tadi. Selain itu, jangan biarkan anak mengambil sisa kembang api bekas. Pastikan juga api dari kembang api tersebut sudah mati dengan sempurna. 

Demikianlah beberapa tips aman bermain kembang api dengan anak saat malam tahun baru. Ketika merayakan momen tahun baru bersama keluarga di rumah, pastikan Anda memperhatikan keamanan dalam menyalakan kembang api. Baca juga tips liburan akhir tahun bersama keluarga

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.