Apple Gelontorkan Jutaan Dolar per Hari untuk Kembangkan SiriGPT
Apple menggelontorkan dana untuk mengembangkan teknologi AI (foto dok apple).

Bagikan:

JAKARTA - Apple dilaporkan jor-joran dalam menggelontorkan dana untuk mengembangkan teknologi Kecerdasan Buatannya (AI), yang akan digunakan pada pembuatan fitur chatbot percakapan untuk Siri.

Menurut laporan The Information, Apple telah menghabiskan jutaan dolar per hari dari anggaran komputasinya dengan fokus pada AI percakapan.

Saat ini, banyak tim fokus pada AI dan terdapat unit beranggotakan 16 orang yang disebut Model Dasar, dikhususkan untuk AI percakapan.

Unit tersebut dipimpin oleh kepala AI Apple, John Giannandrea yang datang dari Google untuk merombak Siri, asisten virtual perusahaan.

Raksasa Cupertino, Amerika Serikat (AS) itu, berencana memberi Siri kemampuan untuk mengotomatiskan tugas-tugas kompleks, seperti mengubah serangkaian foto menjadi GIF.

“Kemampuan baru ini terkait dengan aplikasi Pintasan Apple, yang memungkinkan pengguna memprogram serangkaian tindakan secara manual menggunakan aplikasi berbeda dan diperkirakan akan dirilis bersamaan dengan versi baru sistem operasi iPhone tahun depan,” ujar The Information, yang dihimpun dari Mashable, Kamis, 5 September.

Lainnya, Apple juga diklaim sedang menggarap produk AI multimodal yang melibatkan pembuatan teks-ke-gambar dan sebaliknya, serta perangkat lunak untuk menghasilkan adegan 3D.

Pada Juli lalu, rumor mencuat dari jurnalis Bloomberg, Mark Gurman yang mengatakan perusahaan sedang menggarap model bahasa besar (LLM) miliknya Apple GPT dan beberapa karyawan memiliki akses ke chatbot internal yang dijuluki Ajax.

LLM tersebut mungkin digunakan untuk dukungan pelanggan Apple Care. Perusahaan yakin, Ajax lebih baik daripada ChatGPT-3.5 milik OpenAI.