Bagikan:

JAKARTA - Layar iPhone 12 memang sudah dilengkapi ceramic shield untuk mengurangi risiko kerusakan. Namun jika dikemudian hari layar iPhone 12 rusak, Apple mengungkapkan biaya yang dibutuhkan untuk memperbaikinya sekitar 279 dolar AS atau sekitar Rp4,1 jutaan.

Melansir The Verge, biaya servis tersebut sama dengan biaya perbaikan layar di iPhone 11 Pro. Padahal Apple telah menggunakan lapisan keramik yang diklaim lebih kuat dibanding layar ponsel pada umumnya.

Adapun biaya servis yang dikenakan Apple untuk iPhone 12 naik sekitar 80 dolar AS atau sekitar Rp1,1 jutaan ketimbang iPhone 11. Di mana, biaya servis iPhone 11 hanya sekitar 199 dolar AS (Rp2,9 juta), serta biaya perbaikan 'kerusakan lain' sekitar 449 dolar AS (Rp7,3 juta).

Peningkatan biaya servis yang cukup drastis untuk iPhone 12, mengingat Apple memang menggunakan jenis panel OLED dan berbeda dengan iPhone 11 yang masih menggunakan LCD. Bahkan, biaya untuk perbaikan iPhone 12 Pro ini tak berubah sejak 2017, tepatnya saat Apple merilis iPhone X yang pertama kali menggunakan layar OLED.

Biaya Servis iPhone 12 (dok. The Verge)

Sedangkan biaya perbaikan lain yang bisa ditanggung oleh AppleCare Plus sekitar 99 dolar AS atau Rp1,4 jutaan. Itu juga belum termasuk dengan kemungkinan kerusakan lainnya yang bisa dicover oleh Apple.

Sejatinya, Apple melapisi layar iPhone 12 dengan teknologi ceramic shield yang diklaim lebih tahan banting ketika jatuh. Jadi berharap saja dengan lapisan baru ini layar iPhone 12 akan terlindungi lebih baik, namun jika memang retak atau pecah saat terjatuh siap-siap merogoh kocek lebih dalam untuk biaya servisnya.