Bagikan:

JAKARTA - Sebuah laporan Kaspersky menyebutkan bahwa 49 persen perusahaan manufaktur menganggap upaya untuk mendeteksi dan menyelesaikan insiden keamanan siber secara efektif adalah tugas yang paling menantang.  

Mereka juga menyebutkan pemantauan penerapan langkah-langkah keamanan (46 persen) dan membangun kebijakan keamanan yang kohesif (42 persen) merupakan kesulitan yang signifikan. 

Bahkan, hampir 30 persen responden menyatakan bahwa mereka secara teratur mengalami masalah jaringan seperti kegagalan atau gangguan jaringan, kinerja layanan dan aplikasi yang buruk, dan kapasitas koneksi yang tidak memadai.  

Untuk meminimalkan kemungkinan masalah jaringan dan membangun perlindungan komprehensif yang andal, Kaspersky menyarankan perusahaan manufaktur untuk menggunakan kombinasi solusi keamanan siber yang tepat untuk melindungi jaringan industri mereka.

Lebih lanjut, Kaspersky juga merekomendasikan beberapa tips berikut:

  • Gunakan platform OT XDR yang menawarkan manajemen aset dan risiko terpusat, audit keamanan dan kepatuhan, serta skalabilitas yang tak tertandingi, yang menyediakan jaringan industri dan sistem otomasi dengan perlindungan andal. 
  • Jika perusahaan memerlukan solusi terpisah untuk mengelola jaringan perusahaan dari satu konsol, gunakan solusi khusus yang mengintegrasikan saluran komunikasi dan fungsi jaringan yang terpisah di seluruh perusahaan, dan meningkatkan kinerja aplikasi, memfasilitasi pembangunan jaringan yang andal dan mempertahankan bisnis yang terdistribusi secara geografis.
  • Namun, jika perusahaan memerlukan perlindungan tingkat lanjut, mereka dapat menggabungkan kedua solusi tersebut. Karena itu akan memungkinkan perusahaan untuk mentransfer salinan lalu lintas jaringan industri sehingga mereka dapat membangun sistem pemantauan dan perlindungan terpusat.