Bagikan:

JAKARTA - Platform rebranding Twitter, X memperkenalkan Catatan Komunitas untuk video, yang akan menandai postingan secara langsung dan otomatis mengisi catatan tersebut ke video yang cocok.

Catatan Komunitas merupakan program yang sudah ada untuk moderasi crowdsourcing atau pengecekam fakta.  Dengan kemampuan baru ini, kontributor yang memenuhi syarat dapat memilih opsi yang tersedia.

Adapun opsi tersebut, “Tentang video dalam postingan ini, dan akan muncul di semua postingan termasuk video ini” untuk menambahkan catatan tentang klip.

“Catatan yang ditulis pada video akan otomatis ditampilkan pada postingan lain yang berisi video yang cocok," ujar X dalam sebuah postingan di platform-nya.

"Cara yang sangat skalabel untuk menambahkan konteks ke klip yang diedit, video yang dihasilkan AI, dan banyak lagi,” imbuhnya.

Penandaan yang sama belum lama ini ditambahkan ke gambar dengan Catatan Komunitas. Minggu lalu, X juga menambahkan kemampuan untuk melihat jumlah gambar yang cocok dan berlaku pada setiap pemeriksaan fakta.

Catatan Komunitas  sudah meluncur di seluruh dunia sejak tahun lalu. X yang dimiliki oleh miliarder Elon Musk, kerap menambahkan dukungan bagi kontributor dari lebih banyak negara untuk menambahkan konteks pada postingan, seperti dikutip dari TechCrunch dan The Verge, Kamis, 7 September.