Microsoft di Q1 Bakal Luncurkan Antarmuka dan Nuansa Baru di Teams Room untuk Windows
Microsoft di Q1 Bakal Luncurkan Antarmuka dan Nuansa Baru di Teams Room untuk Windows. (FOTO: dok. Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft akan segera menghadirkan antarmuka dan nuansa baru di Teams Room untuk seluruh ekosistem Windows dan Android. Pembaruan itu akan tersedia secara umum pada akhir kuartal satu (Q1) tahun ini di Windows versi 4.16.

Pembaruan itu meliputi tombol lunak di konsol Windows untuk akses cepat ke Meet, Call, Share (untuk konten HDMI), Join via ID, dan tombol Lainnya untuk overflow menu.

Pada layar overflow menu baru, Microsoft akan menyertakan fitur untuk Invite this Room, pengguna dapat menggunakan audio dan video ruangan untuk rapat Teams yang dimulai di perangkat pendamping.

Dilengkapi juga tombol untuk aksesibilitas, melaporkan masalah, memulai ulang perangkat, dan untuk mengakses pengaturan.

Microsoft mengaktifkan lebih banyak kontrol untuk pengguna akhir tampilan depan ruangan selama rapat melalui antarmuka yang diperbarui untuk menu pengalih tampilan agar pengguna mudah berpindah antara Galeri, Mode Bersama, Baris Depan, dan lainnya.

Pengguna juga dapat menyesuaikan, seperti apakah akan menampilkan konten dan orang, atau hanya orang saja. Tampilan Baris Depan untuk menyertakan obrolan rapat yang terlihat juga bisa disesuaikan, dan memilih komponen rapat mana yang ditampilkan di panel kiri dan kanan.

Seperti laporan ZDNet yang dikutip Kamis, 2 Februari, Microsoft memberikan pembaruan pertamanya ketika Teams memiliki 270 juta pengguna aktif bulanan sejak Januari 2022.

Pada kuartal terakhir, Teams melampaui 280 juta pengguna aktif bulanan, menunjukkan pertumbuhan telah melambat secara signifikan sejak pandemi, yang mendorong Teams dari 44 juta pengguna aktif harian pada Maret 2020 menjadi 145 juta pengguna aktif harian pada April 2021.

Microsoft juga melaporkan ada lebih dari 500.000 perangkat Teams Room yang aktif, naik 70 persen dari tahun ke tahun (YoY), mencerminkan banyak pekerja yang beralih kembali ke kantor.

Selain itu, Microsoft pada Februari juga akan memindahkan add-on Teams Premium dalam pratinjau ke ketersediaan umum.

Untuk menikmati layanan itu, pengguna harus merogoh kocek 10 dolar AS per bulan dengan menawarkan keamanan tingkat lanjut dan rangkuman rapat yang didukung AI. Microsoft mengatakan telah melihat minat yang kuat di dalamnya selama pratinjau.

Setelah tersedia secara umum, pelanggan dengan lisensi Microsoft 365 atau Office 365 yang sudah ada dapat membeli Teams Premium sebagai add-on untuk layanan Microsoft 365 mereka yang sudah ada.