Bagikan:

JAKARTA - Microsoft kembali mencoba menyingkirkan saingannya dengan semua tautan browser dari Outlook dan Teams sekarang akan terbuka di Edge, mengabaikan pengaturan browser default di Personal Computer (PC).

Langkah ini diumumkan perusahaan melalui laman dukungan Microsoft 365. Perubahan hanya akan berlaku untuk perangkat Windows 10 dan Windows 11, artinya pengguna yang menggunakan Mac akan terus membuka tautan Outlook di browser default mereka.

Meskipun itu tidak akan memengaruhi pengaturan browser default di Windows karena tidak memengaruhi tautan yang dibuka dari aplikasi dan layanan lain.

Namun, langkah baru tersebut adalah bagian lain dari Microsoft 365 dan Windows yang benar-benar mengabaikan pilihan browser default untuk membuka tautan di aplikasi perusahaan sendiri.

Microsoft sudah melakukan hal serupa pada sistem Widget di Windows 11 dan bahkan pengalaman pencarian, di mana pengguna akan dipaksa masuk ke Edge jika mengklik tautan, meski mereka memiliki browser lain yang ditetapkan sebagai default.

“Perubahan ini dirancang untuk menciptakan cara yang lebih mudah bagi pengguna Outlook dan Microsoft Teams untuk mengurangi perpindahan tugas di jendela dan tab untuk membantu tetap fokus,” ujar Direktur Komunikasi Senior di Microsoft, Katy Asher dalam sebuah pernyataan kepada The Verge, dikutip Kamis, 4 Mei.

“Dengan membuka tautan browser di Microsoft Edge, pesan asli di Outlook atau Teams juga dapat dilihat bersama konten web untuk mengakses, membaca, dan menanggapi pesan dengan mudah, menggunakan profil terotentikasi yang cocok. Pelanggan memiliki opsi untuk menonaktifkan fitur ini di pengaturan," imbuhnya.

Untuk membuka tautan menggunakan browser yang disetel sebagai default di Pengaturan Windows dan jika itu bukan Edge, pengguna harus mengunjungi File klik Opsi pilih Lanjutan lalu klik Penanganan tautan di Outlook dan pilih browser lain.

Laporam TechSpot menyebutkan, perubahan tersebut telah mengganggu banyak admin sistem dan pengguna Microsoft 365, yang melampiaskan rasa frustrasi mereka di media sosial.

Beberapa menunjukkan, perusahaan juga mengabaikan pengaturan browser default saat menangani tautan dari tempat lain di Windows 11, seperti pengalaman pencarian Start Menu, yang membuka tautan keluar di Edge terlepas dari pengaturan browser default di komputer. Ini merupakan contoh lain bagaimana Microsoft gagal menghargai pilihan pengguna.