Lebih Simpel, Ini 3 Fitur Anyar di Windows 11
Fitur baru Windows 11 (TechAdvisor)

Bagikan:

JAKARTA - Akhirnya Microsoft merilis pembaruan sistem operasi Windows 11. Secara bertahap pengguna Windows 7 dan 8 diminta untuk mengupgrade OS di komputer maupun laptop yang digunakan.

Seperti yang sudah disampaikan banyak leakers, Windows 11 hadir dengan tampilan yang segar. Perubahan yang diberi perusahaan begitu kentara. Terwujud pada bagian tampilan antarmuka serta beberapa fitur anyar. 

Lantas, apa saja fitur baru Windows 11? Lebih lengkap, berikut ini uraian yang sudah dihimpun tim VOI dari berbagai sumber.

Widget dan Snap untuk Tingkatkan Produktivitas

Kini, sebagian besar pengguna mencari perangkat yang bisa lebih memenuhi kebutuhan produktif. Dan kemampuan itu pula yang ditekankan Microsott saat peluncuran Windows 11. 

Untuk mendukung aktivitas tersebut, Windows 11 dibekali dua fitur anyar yang disebut Snap Groups dan Snap Layouts. Fitur ini memungkinkan perangkat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Tak hanya itu, juga bisa mengelompokkan aplikasi sehingga terlihat lebih rapih.

Sementara itu, Widgets anyar di Windows 11 juga dihadirkan agar penguna bisa mengikuti jadwal harian yang sudah ditetapkan. Di dalamnya, terdapat beberapa layanan penting seperti Kalender, To-Do List, Kurs, Cuaca, dan masih banyak lagi. 

Integrasi dengan Microsoft Teams

Microsoft Teams hadir sebagai jawaban dari perusahaan untuk masa pandemi. Seperti menantang kedigdayaan Zoom dan Google Workspace, Microsoft Teams hadir dengan layanan yang tak jauh berbeda. 

Sebagaimana platform kolaborasi pada umumnya, pengguna bisa berkomunikasi dengan banyak pengguna lain, berbagi dokumen, bertukar pesan, hingga membuat To-Do List terkait pekerjaan tertentu. 

Nah, pada Windows 11, platform Microsoft Teams hadir sebagai layanan yang sudah terintegrasi. Artinya, Anda bisa langsung menggunakan tanpa perlu meng-install.

Menurut Microsoft, keputusan ini merupakan wujud perusahaan untuk memudahkan pengguna dalam terhubung dengan teman atau keluarga secara virtual. 

Pasang Aplikasi Android lewat Microsoft Store

Di antara banyak platform toko aplikasi, Microsoft Store terbilang yang paling sepi. Minim pilihan aplikasi serta gim yang ditawarkan platform ini. 

Namun, kondisi itu bakal tak sama lagi pada Windows 11. Soalnya, perusahaan bakal menanamkan lebih banyak konten pada toko aplikasinya. Tak hanya aplikasi, pengguna juga bisa mengunduh acara TV, film, hingga Zoom atau Canva lewat Microsoft Store.

Tak hanya itu, perusahaan juga menyatakan bahwa pengguna bakal bisa mengunduh serta memasang aplikasi Android lewat Windows 11. Sayangnya, konten aplikasi yang tersedia disediakan oleh Amazon Appstore, bukan Google. Jadi, bisa dipastikan jika jumlahnya akan lebih terbatas.