Masih Pakai Windows 7 dan 8, Kini Bisa <i>Upgrade</i> ke Windows 10
Tampilan Windows 11 (PCMag)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft segera merilis sistem operasi Windows 11. Berbagai, bocoran tampilan serta fitur-fitur anyar yang dihadirkan Microsoft juga sudah menyebar bebas. 

Meski sekilas mirip dengan tampilan MacOS, Microsoft ingin memberikan kesan yang lebih minimalis dan sederhana. Salah satu perubahan bisa ditemukan pada bagian taskbar, serta menu Start Windows yang tak lagi dipojok kiri bawah. 

Dan kini, hanya selang beberapa hari, kabar lain turut muncul. Berdasarkan analisa tim XDA-Developers, diperkirakan bahwa pengguna Windows 7 dan Windows 8 bakal bisa upgrade sistem operasi perangkatnya ke Windows 11

Upgrade OS

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Microsoft selalu mengizinkan pengguna laptop atau PC dengan OS Windows 7 dan 8.1 untuk melakukan pembaruan versi ke Windows 10 secara gratis. 

Sampai hari ini, pembaruan tersebut masih berlaku dan masih bisa diakses banyak perangkat. Dan bebekal fakta tersebut, sekelompok anggota forum XDA-Developers pun membedah kunci konfigurasi Windows 11 yang bocor pekan lalu.

Hasilnya cukup mengejutkan. Hasil analisa anggota forum tersebut, disimpulkan bahwa pengguna Windows 7 dan 8.1 kemungkinan besar juga bisa memperbarui versi sistem operasinya ke versi anyar ini. Dan yang cukup menggembirakan, pengguna bisa upgrade versi OS secara gratis!

Lantas, mengapa Microsoft begitu baik hati membagikan akses gratis untuk sistem operasi terbarunya? Padahal, seperti yang kita tahu, Microsoft menjadikan Wndows sebagai versi berbayar -di mana pengguna harus membayar sejumlah nominal secara berkala.

Ternyata, mengutip OnMSFT, langkah tersebut tidaklah melulu mencari keuntungan langsung. Karena, yang ingin diperoleh perusahaan, ada jumlah pengguna yang semakin banyak.

Diketahui, meskipun Microsoft sebelumnya mengumumkan bahwa hanya membuka akses upgrade gratis selama setahun, buktinya hingga saat ini akses tersebut masih belum ditutup. Banyak pengguna Windows masih bebas memperbaru OS perangkatnya menjadi Windows 10. 

Ya, Microsoft sedang kekurangan pengguna. Data terbaru dari Statista mengungkapkan bahwa pangsa pasar gabungan antara Windows 7, 8, dan 8.1 mencapai 20,7 pada bulan Maret 2021. 

Ingat, itu adalah nilai gabungan. Dan yang tak tercantum dari data tersebut, ada lebih banyak pengguna yang masih menggunakan Windows 7. Artinya, secara perlahan Microsoft mulai kehilangan pengguna setia.

Kasus demi kasus yang dihadapi perusahaan menambah faktor yang membuat Windows kehilangan pengguna. Pada tahun 2015, saat rilis Windows 10, Microsoft terpaksa berhadapan dengan banyak isu.

Contohnya seperti isu FUD Telemetri, kebijakan Windows sebagai layanan baru, Iklan yang menggaggu dalam layar Windows, dan masih banyak lagi.

Maka, berdasarkan fakta-fakta tersebut, ada potensi besar kalo perusahaan bakal membuka akses upgrade gratis buat pengguna Windows 7 dan 8.1.