Dua Hari Menjelang Peluncuran, Bocoran Microsoft Surface 8 Pro Mencuat
Perangkat Surface akan mendukung layar 120Hz dan Thunderbolt (foto: Ilustrasi Surface 7 Pro Dok. Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Awal pekan ini dilaporkan Microsoft akan meluncurkan tablet terbarunya Surface 8 Pro sebagai penerus Surface 7 Pro. Tablet ini nantinya akan memiliki sejumlah peningkatan pada layarnya.

Beberapa detail tentang Surface Pro 8 yang diklaim telah bocor dari pengguna Twitter @Shadow_Leak. Akun tersebut memposting tampilan Surface Pro 8 yang muncul di situs ritel bersama spesifikasi dan gambar dari perangkat itu.

Menurut daftar yang dikutip dari Engadget, Senin, 20 September, Surface Pro 8 akan mengemas prosesor Intel generasi ke-11 dan menjalankan Windows 11, layar 13 inci dengan kecepatan refresh 120Hz, dukungan Thunderbolt, dan SSD yang dapat diganti.

Ini adalah pertama kalinya perangkat Surface akan mendukung layar 120Hz dan Thunderbolt, yang membuka jalan baru untuk bermain gim melalui GPU eksternal, seperti banyak pengguna yang mengharapkan kemampuan tersebut. Sementara itu, bezel tampak akan lebih tipis kali ini.

Layar 13 inci juga lebih besar dari layar 12,3 inci yang ada di Surface Pro 7 dan Surface Pro 7+. Yang terakhir ini eksklusif untuk bisnis. SSD yang dapat dilepas bukanlah fitur baru seperti yang ada di Surface Pro 7+ juga, tetapi kemungkinan akan diterima.

Namun, jika  bocorannya akurat, Surface Pro 8 mungkin menjadi daya tarik bintang. Model Pro telah menjadi salah satu perangkat Surface paling tahan lama dari Microsoft, tetapi juga salah satu yang paling konservatif dengan perubahan yang relatif sedikit.

Mengingat Microsoft akan menggelar even pada 22 September, perusahaan juga akan memperkenalkan deretan produk terbarunya. Selain Surface Pro 8, laporan menyebut akan ada Surface Go 3, Surface Book 4, dan Surface Pro X generasi terkini.

Tidak hanya itu, peluncuran resmi dari Windows 11 juga akan berlangsung pada 5 Oktober 2021. Sistem operasi anyar ini akan tersedia sebagai upgrade gratis bagi PC dengan Windows 10 tetapi sudah memenuhi syarat, atau pada perangkat baru yang telah dimuat dengan Windows 11 sebelumnya.