Ini Cara Menonaktifkan <i>Autoplay</i> Video di Facebook  yang Gunakan Banyak Data
Autoplay video Facebook dapat dinonaktifkan sehingga irit data. (foto: dok. tech)

Bagikan:

JAKARTA – Seperti banyak platform media sosial, Facebook menyajikan video putar otomatis di beranda. Akan tetapi mereka juga menawarkan opsi untuk menonaktifkan pemutaran video otomatis di Android, iOS, dan web.

Tidak hanya beberapa pengguna yang menganggap video yang diputar otomatis tersebut mengganggu, tetapi mereka juga bisa menjadi beban data yang sangat besar, jadi masuk akal untuk menonaktifkan opsi di semua platform. Facebook telah mengundang kontroversi selama bertahun-tahun, tetapi mode putar otomatis adalah salah satu aspek yang dapat dikendalikan oleh pengguna.

Di Facebook, mematikan opsi putar otomatis di Android, iOS, atau web hanya berlaku untuk platform tertentu, yang berarti mematikannya di situs web hanya akan menghentikan video agar tidak diputar secara otomatis di situs web.

Demikian juga, menghentikan video diputar otomatis di ponsel hanya akan menonaktifkan opsi putar otomatis saat menggunakan aplikasi Android dan iOS. Setelah opsi putar otomatis dinonaktifkan, semua video di Facebook akan menjadi tap-to-play dan akan menampilkan tombol 'Putar' segitiga tradisional yang kemudian perlu diklik agar video dapat diputar.

Untuk menghentikan video Facebook yang diputar secara otomatis di Android, buka aplikasi dan ketuk menu hamburger (tiga garis paralel) di sudut kanan atas.

Gulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan tekan Pengaturan dan Privasi diikuti oleh Pengaturan. Selanjutnya, pilih Media di bawah Preferensi lalu ketuk Putar Otomatis. Terakhir, atur opsi putar otomatis ke Never Autoplay Videos.  Perubahan akan segera disimpan dan akan tercermin di halaman pengaturan putar otomatis.

Di iOS, buka aplikasi dan ketuk tombol menu di sudut kanan bawah. Kemudian pilih Pengaturan dan Privasi. Pada halaman berikutnya, pilih Pengaturan, gulir ke bawah, ketuk Preferensi diikuti oleh Media. Terakhir, ketuk opsi Autoplay dan pilih Never Autoplay Videos. Itu akan segera menghentikan video agar tidak diputar secara otomatis di aplikasi iOS.

Menonaktifkan Melalui Versi Web

Untuk orang-orang yang menggunakan Facebook di web, masuk ke situs web dan klik gambar profil. Dalam beberapa kasus, pengguna mungkin harus menekan panah ke bawah di sebelah gambar profil. Dalam kedua kasus tersebut, akan ada menu tarik-turun di mana pengguna dapat memilih Pengaturan dan Privasi.

Kemudian klik Pengaturan dan di halaman berikutnya, gulir ke bawah ke bawah dan pilih Video. Dari sini, temukan Video Putar Otomatis dan gunakan menu tarik-turun yang sesuai untuk memilih Mati guna menonaktifkan opsi putar otomatis.

Putar otomatis video di situs web atau aplikasi dapat menjadi gangguan besar, karena menghabiskan data yang berharga, dan memperlambat koneksi internet. Namun, Facebook, yang dilampaui oleh TikTok sebagai aplikasi sosial yang paling banyak diunduh tahun lalu, menawarkan opsi untuk mencegah video diputar secara otomatis di aplikasi atau di situs web.

 Ini berarti pengguna tidak perlu lagi menoleransi perilaku yang mengganggu dan terlepas dari apakah mereka menjelajahi Facebook di desktop atau ponsel mereka.